INCREASING VOCABULARY MASTERY BY USING SEMANTIC MAPPING FOR THE SECOND YEAR STUDENTS OF SMPN 6 SUB DISTRICT PERHENTIAN RAJA KAMPAR REGENCY

Zamroni, (2012) INCREASING VOCABULARY MASTERY BY USING SEMANTIC MAPPING FOR THE SECOND YEAR STUDENTS OF SMPN 6 SUB DISTRICT PERHENTIAN RAJA KAMPAR REGENCY. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_201256.pdf

Download (572kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Dasar persepsi, pada siswa kelas VII SMP ini adalah menemukan beberapa gejala atau fenomena dalam proses belajar mengajar, khususnya pada subjek bahasa inggris ada beberapa siswa tidak dapat menemukan arti dari kata-kata dengan benar, beberapa siswa tidak mampu membedakan antara kata benda, kata kerja dan kata sifat, beberapa siswa tidak mampu menerjemahkan kata Inggris ke Indonesia dan beberapa siswa tidak dapat menemukan sinonim atau antonim dari kata tersebut. Untuk meningkatkan dominasi penguasaan kosa kata subjek bahasa Inggris tersebut, maka penulis menerapkan strategi studi pemetaan semantik untuk siswa tahun kedua SMP Negeri 6 Kecamatan Perhentian Raja Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, data yang diuraikan adalah kosakata dominasi, yaitu sebelum tindakan, pada siklus I dan siklus II, setiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Dalam rangka penelitian tindakan kelas berhasil dengan baik tanpa ada hambatan yang mengganggu kelancaran langkah penelitian peneliti, dikompilasi yang lewat dalam penelitian tindakan kelas, yaitu : 1) perencanaan / tindakan persiapan, 2) tindakan eksekusi, 3) observasi, dan refleksi. Berdasrkan hasil penelitian, maka dapat diketahui bahwa dominasi penguasaan kosakata sebelum tindakan hanya mencapai 59,0% dengan persentase kategori "Sedang" karena pada rentang 50-69%. Pada siklus saya tingkat dengan persentase 68,1% dalam kategori "Sedang" karena pada rentang 450-69%. Sedangkan pada Siklus II dominasi tingkat kosakata siswa dengan cukup baik dengan persentase 82,8% dengan kategori "Tinggi/Baik" karena pada rentang 70- 89%. Dari hasil tersebut, hipotesis penelitian yaitu dengan penerapan strategi semantic mapping kemampuan kosakata bahasa Inggris murid pada mata pelajaran Bahasa Inggris kelas VIIA SMPN 06 Perhentian Raja Kabupaten Kampar meningkat” dapat diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 07 Dec 2016 02:41
Last Modified: 07 Dec 2016 02:41
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/9378

Actions (login required)

View Item View Item