EFEKTIVITAS PENGEMBANGAN PRODUK MIE TERATAI DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PELANGGAN DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

Qowiyudin, (2012) EFEKTIVITAS PENGEMBANGAN PRODUK MIE TERATAI DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PELANGGAN DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012205EI.pdf

Download (412kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini mendiskripsikan permasalahan yang terdapat dalam pengembangan produk pada mie teratai. Adapun permasalahannya adalah adanya ketidak keberhasilan atau belum efektif dalam upaya pengembangan produk, ditandai dengan tingkat keuntungan yang dihasilkan dari penjualan mie basah mengalami penurunan: pada tahun 2008 sebelum terjadinya penambahan produk, jumlah keuntungan sebesar Rp.150.500.000. Setelah mengadakan pengembangan produk keuntungan mengalami penurunan pada tahun 2009 dan tahun 2010 menjadi Rp. 140.590.000 dan Rp.140.556.000. Hal ini mengindikasikan bahwa upaya pengembangan produk dalam meningkatkan jumlah pelanggan tidak efektif, ditambah tata kelola yang belum optimal dan jumlah pesaing yang semakin meningkat akan mempengaruhi ketidakefektifanya pengembangan produk. Penelitian ini dilakukan di pabrik mie pada Industri Rumah Tangga (IRT) mie teratai yang berlokasi di Jln. HR. Soebrantas gg. Teratai No. 171 Kelurahan Sidomulyo Barat Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru. Adapun tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui tahap-tahap pengembangan produk pada mie teratai, Untuk mengetahui tingkat efektivitas pengembangan produk pada mie teratai dan untuk mengetahui pandangan Ekonomi Islam tentang efektivitas pengembangan produk pada mie teratai. Metode yang digunakan adalah metode deskriftif analisis dengan teknik komparatif yaitu dengan membandingkan target yang ingin dicapai per semester dengan realisasi target perusahaan per semester Dari hasil penelitian yang dilakukan, penulis menyimpulkan bahwa pengembangan produk pada mie teratai Ekonomi Islam sesuai dengan prinsip Ekonomi Islam yaitu memproduksi dengan terencana, professional dan etos kerja yang tinggi agar pada pengeluaran produk mencapai hasil maksimal. Hal ini terlihat pada proses pengembangan produk mie teratai dilakukan secara bertahap, yang terdiri dari Tahap Penciptaan Gagasan (Ide), Tahap Penyaringan Gagasan (Ide), Tahap Analisis Bisnis, Tahap Pengembangan Produk, dan tahap Komersialisasi. Walaupun demikian pencapaian hasil pengembangan produk mie teratai dalam meninkatkan jumlah pelanggan dinilai kurang maksimal dengan pencapaian tingkat effektivitas terhadap sasaran sebesar 66%, 50% 50 %, 40% dan 40% dari target.per semesternya, atau rata-rata pencapaian target per semester 50 % dari taget yang telah ditetapkan. Dengan ketentuan bahwa pencapaian target diatas 50%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 07 Dec 2016 02:28
Last Modified: 07 Dec 2016 02:28
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/9371

Actions (login required)

View Item View Item