Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

STRATEGI PEMASARAN PRODUK HOME INDUSTRY KECAP ASIN CAP JEMPOL A-1 DITINJAU MENURUT EKONOMI ISLAM (Studi Kasus di Bagansiapiapi Kecamatan Bangko Kabupaten Rokan Hilir)

Juliana (2012) STRATEGI PEMASARAN PRODUK HOME INDUSTRY KECAP ASIN CAP JEMPOL A-1 DITINJAU MENURUT EKONOMI ISLAM (Studi Kasus di Bagansiapiapi Kecamatan Bangko Kabupaten Rokan Hilir). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012160EI.pdf

Download (514kB) | Preview

Abstract

Penelitian berjudul “STRATEGI PEMASARAN PRODUK HOME INDUSTRY KECAP JEMPOL DITINJAU MENURUT EKONOMI ISLAM” (Studi Kasus Di Bagansiapiapi Kelurahan Bagan Kota Kecamatan Bangko Kabupaten Rokan Hilir). Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field reseach) yang dilaksanakan di Home Industry Kecap Jempol A-1 Bagansiapiapi, beralamat di Jl. Pahlawan Ujung No. 1271 Kelurahan Bagan Kota Kabupaten Rokan Hilir. Adapun yang memotivasi dan mendasari penulis meneliti di lokasi ini karena penulis mengamati tingginya frekuensi penjualan kecap asin merek Jempol A-1 Bagansiapiapi. Di sisi lain, lamanya usia dari Home Industry ini, beroperasi dalam memasarkan produknya kepada konsumen, khususnya konsumen yang ada di Bagansiapiapi. Kondisi demikian berlangsung sejak tahun 1960 hingga sekarang, dimana lamanya usia beroperasi sudah 52 tahun. Meskipun demikian, Home Industry ini mampu bersaing dengan produk (kecap) terkenal lainnya. Atas dasar ini, ditetapkan rumusan permasalahan dalam penelitian ini, yaitu (1) Bagaimana Strategi Pemasaran Produk Home Industry kecap asin cap jempol A-1 di Bagan Siapi Api Kabupaten Rokan Hilir; (2) Bagaimana Analisis Ekonomi Islam tentang strategi pemasaran produk Home Industry kecap asin cap jempol A-1 di Bagan Siapi Api Kabupaten Rokan Hilir. Dengan demikian, tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui strategi Pemasaran Produk Home Industry kecap asin cap jempol A-1 di Bagan Siapi Api Kabupaten Rokan Hilir. (2) Untuk mengetahui analisis ekonomi Islam tentang strategi pemasaran produk Home Industry kecap asin cap jempol A-1 di Bagan Siapi Api Kabupaten Rokan Hilir. Subjek dalam penelitian ini adalah, karyawan Home Industry kecap asin cap jempol A1 di Bagan Siapi-api Kabupaten Rokan Hilir. Sedangkan objek penelitian ini adalah strategi pemasaran produk Home Industry kecap asin cap jempol A1 di Bagan Siapi-api Kabupaten Rokan Hilir. Populasi dalam penelitian ini adalah pimpinan dan karyawan/ti serta konsumen Home Industry kecap asin cap jempol A1 Bagan Siapi-api Kabupaten Rokan Hilir. Dalam pengambilan sampel penelitian, penulis menggunakan teknik purfosive sampling dan random sampling (pengambilan sampel secara acak). Teknik purfosive sampling digunakan untuk menetapkan sampel dari pimpinan dan karyawan/ti kecap asin jempol A-1. Sementara teknik random sampling digunakan untuk menetapkan sampel dari konsumen yang menggunakan kecap asin cap jempol A1 dengan menetapkan 50% dari 148 orang konsumen. Sehingga sampel dalam penelitian ini berjumlah 76 orang terdiri dari 1 orang pimpinan, 1 orang karyawan dan 74 konsumen. Setelah berbagai data yang dibutuhkan dalam penelitian diperoleh dan menghasilkan, (1) Strategi pemasaran yang dilakukan oleh Home Industry Kecap Asin Cap Jempol A-1 di Bagansiapiapi Kelurahan Bagan Kota Kecamatan Bangko Kabupaten Rokan Hilir sudah memenuhi unsur-unsur yang digunakan dalam strategi pamasaran, dalam upaya meningkatkan frekuensi penjualan produknya kepada konsumen, meliputi harga, produk, tempat dan promosi. (2) Analisis ekonomi tentang strategi pemasaran Home Industry Kecap Asin Cap Jempol A-1 di Bagansiapiapi Kelurahan Bagan Kota Kecamatan Bangko Kabupaten Rokan Hilir tidak bertentangan dengan ekonomi Islam, baik dilihat dari aspek produk, tempat, harga, maupun promosi yang dilakukan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 07 Dec 2016 01:59
Last Modified: 07 Dec 2016 01:59
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/9353

Actions (login required)

View Item View Item