PEMASARAN PERUMAHAN PT. JAYA MUDA PERKASA RIAU BERTUAH MENURUT TINJAUAN EKONOMI EKONOMI ISLAM

Liza Rahmawati, (2012) PEMASARAN PERUMAHAN PT. JAYA MUDA PERKASA RIAU BERTUAH MENURUT TINJAUAN EKONOMI EKONOMI ISLAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012155EI.pdf

Download (507kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini dilatar belakangi oleh adanya konsumen yang merasa komplen terhadap pelayanan fasilitas yang tidak sesuai dengan apa yang dijanjikan pihak developer. Hal ini sangat mempengaruhi pada pemasaran perumahan PT. Jaya Muda Perkasa Riau Bertuah. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah bagaimana strategi yang dilakukan pihak developer dalam meningkatkan pemasarannya, faktor apa saja yang menjadi penghambat dan pendorong pada pemasaran perumahan PT. Jaya Muda Perkasa Riau Bertuah, dan bagaimana tinjauan ekonomi Islam pada pemasaran perumahan yang di lakukan PT. Jaya Muda Perkasa Riau Bertuah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pemasaran perumahan yang di lakukan oleh PT. Jaya Muda Perkasa Riau Bertuah sudah sesuai dengan konsep Ekonomi Islam. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 356 konsumen, dan sampel dalam penelitian ini adalah 89 responden, pengambilan sampel menggunakan metode stratait random sampling. Sumberdata yang dipakai yaitu data primer dan data skunder dan analisis datanya adalah deskriptif kualitatif yaitu setelah semua data telah berhasil penulis kumpulkan, maka penulis menjelaskan secara rinci dan sistematis sehingga dapat tergambar secara utuh dan dapat dipahami secara jelas kesimpulan dalam penelitian. metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi, library research ( pustaka ), angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemasaran yang dilakukan oleh PT. Jaya Muda Perkasa Riau Bertuah belum sesuai dengan prinsip ekonomi Islam. Karena perusahaan hanya memikirkan keuntungan bagi pihak perusahaan saja, tanpa memikirkan apa yang sebenarnya diinginkan konsumen. Dalam ekonomi Islam manusia bukan hanya dituntut mencari keuntungan individu saja, tetapi saling menguntungkan antara satu dengan yang lainnya. Dalam meningkatkan pemasarannya PT. Jaya Muda Perkasa Riau Bertuah memberikan penurunan harga pada konsumen dan juga melakukan promosi ke berbagai tempat seperti perkantoran, sekolah, pasar, rumah-rumah kontrakan danjuga membagikan brosur dijalan-jalan. Pihak perusahaan berusaha meyakinkan konsumen dengan berbagai cara agar mereka tertarik untuk membeli perumahan yang mereka tawarkan. Namun setelah konsumen membeli perumahan yang mereka tawarkan keinginan ataupun keluhan konsumen sering diabaikan. Mereka mengambil perumahan karena ingin mendapatkan tempat tinggal yang layak,karena sebelumnya mereka tinggal di rumah kontrakan, dan dengan keadaan ini mereka sangat dirugikan, karena disamping harus membayar rumah kontrakan mereka juga harus membayar angsuran rumah perbulannya dengan harga yang relatif tinggi dan tidak sesuai dengan di harapkan konsumen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 07 Dec 2016 01:31
Last Modified: 07 Dec 2016 01:31
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/9347

Actions (login required)

View Item View Item