Lukman (2012) PROSPEK PENGEMBANGAN PRODUK MITRA IQRA’ PADA ASURANSI JIWA BERSAMA BUMIPUTERA 1912 CABANG SYARI’AH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2012_2012118EI.pdf Download (420kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berjudul “Prospek pengembangan produk Mitra Iqra’ pada Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912 Cabang Syari’ah Pekanbaru”. Penelitian ini bersifat penelitian lapangan ( field research) di kantor Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912 Cabang Syari’ah Pekanbaru jalan H. Imam Munandar No 55. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana prospek produk Mitra Iqra’ pada Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912 Cabang Syari’ah Pekanbaru, apa faktor pendukung dan penghambat pengembangan produk Mitra Iqra’ pada Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912 Cabang Syari’ah Pekanbaru, dan bagaimana pandangan Ekonomi Islam terhadap produk Mitra Iqra’ pada Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912 Cabang Syari’ah Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prospek produk Mitra Iqra’, untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pengembangan produk Mitra Iqra’. Dan untuk mengetahui pandangan Ekonomi Islam terhadap produk Mitra Iqra’ pada Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912 Cabang Syari’ah Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912 Cabang Syari’ah Pekanbaru yang berjumlah 17 orang, sedangkan sampelnya penulis mengambil keseluruhan dari populasi. Tekhnik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu Observasi, wawancara, dan dokumentasi dikantor Asuransi Jiwa Bersama Bumiputra 1912 Cabang Syari’ah Pekanbaru, ditambah dengan leteratur yang berhubungan dengan penelitian ini. Analisa data yang penulis gunakan adalah Deskriptif Kualitatif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa prospek produk Mitra Iqra’ pada Asuransi Bumiputera 1912 Cabang Syariah Pekanbaru sangat bagus. Mengingat kesadaran masyarakat terhadap dunia pendidikan semakin tinggi, dengan adanya para orang tua menabung di produk Mitra Iqra’ otomatis biaya pendidikan anak kedepannya sudah tersedia. Ditambah dengan manfaat yang dijanjikan oleh perusahaan kepada masyarakat yang menjadikan produk Mitra Iqra’ lebih diminati oleh para nasabah, akan tetapi masih ada beberapa kendala yang dihadapi oleh pihak perusahaan dalam memasarkan produk Mitra Iqra’ seperti kurangnya tenaga Financial Advisor, kurangnya pemahaman masyrakat, kurangnya jaringan Syari’ah. Namun yang terpenting bahwa produk Mitra Iqra’ adalah jenis muamalah yang mengandung unsur tolong menolong, saling melindungi, terhindar dari Maghrib sesuai dengan aturan Syariat Islam.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah |
Depositing User: | Feni Marti Adhenova |
Date Deposited: | 05 Dec 2016 06:24 |
Last Modified: | 05 Dec 2016 06:24 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/9323 |
Actions (login required)
View Item |