Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

BISNIS WARALABA DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Pada Rumah Makan Pondok Patin HM Yunus Air Tiris, Kabupaten Kampar)

Mufti Hasan Alfani (2012) BISNIS WARALABA DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Pada Rumah Makan Pondok Patin HM Yunus Air Tiris, Kabupaten Kampar). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012116EI.pdf

Download (377kB) | Preview

Abstract

Adapun yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana konsep bisnis waralaba pada Rumah Makan Pondok Patin HM Yunus Air Tiris dan bagaimana tinjauan ekonomi Islam terhadap bisnis waralaba pada Rumah Makan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan pada Rumah Makan Pondok Patin HM Yunus Air Tiris yang beralamat di Kelurahan Air Tiris, RT 003, RW 006, Kabupaten Kampar. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui konsep bisnis waralaba dan mengetahui tinjauan ekonomi Islam terhadap bisnis waralaba pada Rumah Makan Pondok Patin HM Yunus Air Tiris. Adapun metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan menganalisa buku-buku yang berhubungan dengan penelitian ini. Data dari penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder yang kemudian dianalisa menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 5 orang, dengan mengambil sampel dari populasi menggunakan metode total sampling. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa konsep bisnis waralaba di Rumah Makan Podok Patin HM Yunus Air Tiris adalah waralaba produk dan merek dagang, dimana pemberi waralaba memberikan hak kepada penerima waralaba untuk menjual produk yang dikembangkan oleh pemberi waralaba yang disertai dengan pemberian izin untuk menggunakan merek dagang yang dikelola dengan standar manajemen yang berlaku pada rumah makan tersebut. Waralaba pada Rumah Makan Pondok Patin HM Yunus Air Tiris merupakan pengembangan dari bentuk Syirkah (kemitraan dalam Islam), dimana waralaba pada rumah makan tersebut menerapkan sistem bisnis waralabanya dengan menggunakan Syirkah ‘Inan yaitu persetujuan kerja sama antara dua orang atau lebih untuk memasukkan bagian tertentu dari modal yang akan diperdagangkan, dengan ketentuan keuntungannya dibagi diantara para anggota sesuai dengan yang telah disetujui bersama. Pernyataan ini juga ditegaskan dalam keputusan Fatwa Majelis Ulama Indonesia Nomor 1/Munas VII/MUI/15/2005 tentang perlindungan Hak Kekayaan Intelektual (HKI).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 05 Dec 2016 06:21
Last Modified: 05 Dec 2016 06:21
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/9321

Actions (login required)

View Item View Item