Kusminah (2012) Intermediasi PT. Bank Syari’ah Mandiri Tbk. Cabang Pekanbaru Dalam Pembayaran SPP Mahasiswa UIR (Universitas Islam Riau) Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2012_2012102EI.pdf Download (546kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berjudul “Intermediasi PT. Bank Syari’ah Mandiri Tbk. Cabang Pekanbaru Dalam Pembayaran SPP Mahasiswa UIR (Universitas Islam Riau) Dalam Perspektif Ekonomi Islam”. Penelitian ini dilatar belakangi oleh keinginan penulis untuk meneliti bagaimana sistem Intermediasi PT. Bank Syari’ah Mandiri Tbk. Cabang Pekanbaru Terhadap UIR (Universitas Islam Riau) dalam perspektif ekonomi islam. Maka penulis mengambil sebuah bank sebagai tempat penelitian untuk melihat bagaimana pelaksanaan sistem Intermediasi dalam pembayaran SPP terhadap UIR (Universitas Islam Riau) dilaksanakan di lapangan. Yang menjadi pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana sistem intermediasi PT. Bank Syari’ah Mandiri Tbk. Cabang Pekanbaru sebagai intermediator dalam pembayaran SPP mahasiswa Fakultas Ekonomi dan FKIP (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan), bagaimana respon mahasiswa Fakultas Ekonomi dan FKIP (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) terhadap PT. Bank Syari’ah Mandiri Tbk. Cabang Pekanbaru sebagai lembaga intermediasi dalam pembayaran SPP, dan bagaimana tinjauan ekonomi islam terhadap intermediasi tersebut. Penelitian ini bersifat penelitian lapangan yaitu di PT. Bank Syari’ah Mandiri Tbk. Cabang Pekanbaru. Jln. Jend. Sudirman No.169 Pekanbaru. Populasi dari penelitian ini yaitu pimpinan, karyawan/i yang berjumlah 32 orang, dan nasabah berjumlah 880 orang, maka jumlah populasi keseluruhannya berjumlah 912 orang. Dari jumlah populasi tersebut diambil sampel lebih kurang 10 % dari jumlah populasi yang ada, sehingga sampel yang diambil sebanyak 90 orang. Sampel diambil dengan teknik Random sampling. Data diambil dari dua sumber yaitu data primer dan data skunder. Data primer yaitu data yang diperoleh dari responden di lapangan yaitu pimpinanan dan karyawan/i pada PT. Bank Syari’ah Mandiri Cabang Pekanbaru dan nasabah. Dan data sekunder yaitu data yang diperoleh dari dokumen yang berkenaan dengan masalah ini serta buku-buku yang berhubungan dengan masalah yang diteliti. Data dikumpul melalui observasi, wawancara, angket dan dokumentasi yang kemudian dianalisa dengan teknik deskriftif kualitatif dengan metode deduktif, induktif dan deskritif. Dari penelitian ini dihasilkan suatu kesimpulan tentang sistem, pelaksanaan dan respon nasabah. Adapun hasil penelitian yang penulis lakukan dilapangan adalah PT. Bank Syari’ah Mandiri Tbk. Cabang Pekanbaru sebagai sistem intermediasi ini menggunakan prinsip Wadi’ah Yad Dhamanah, artinya pihak yang menerima titipan boleh menggunakan dan memanfaatkan uang atau barang titipan tersebut. Dalam kerjasama hal ini pihak bank memberikan bonus/insentif ke pihak UIR (Universitas Islam Riau) rutin setiap bulannya. Kerjasama tersebut sudah dilakukan dengan baik , namun dari sisi lain masih ada kekurangan dalam pelayanan yaitu dalam transaksi tersebut mahaisiswa/i ini masih merasakan antri lama, prosedurnya yang berbelit- belit. Pada dasarnya pelayanan yang baik menurut ajaran Islam adalah pelayanan yang dilakukan secara ramah tamah, adil, cepat, tepat dan etika yang baik. Kerjasama antara Bank Syari’ah Mandiri Cabang Pekanbaru dengan pihak UIR (Univers itas Islam Riau) ini sudah sesuai dengan prinsip syari’ah. Karena dalam kerjasama ini saling memberi manfaat dan tidak merugikan salah satu pihak.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah |
Depositing User: | Feni Marti Adhenova |
Date Deposited: | 05 Dec 2016 05:07 |
Last Modified: | 05 Dec 2016 05:07 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/9315 |
Actions (login required)
View Item |