STRATEGI PEMASARAN USAHA RUMAH MAKAN AMPERA DI PASAR CIK PUAN MENURUT TINJAUAN EKONOMI ISLAM

Bobi Prawinata, (2012) STRATEGI PEMASARAN USAHA RUMAH MAKAN AMPERA DI PASAR CIK PUAN MENURUT TINJAUAN EKONOMI ISLAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_201299EI.pdf

Download (456kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul, “Strategi Pemasaran Rumah Ampera di Pasar Cik Puan Menurut Tinjauan Ekonomi Islam”. Peneltian ini bersifat penelitian lapangan (Field Research) yakni rumah makan ampera yang berlokasi di pasar Cik Puan Pekanbaru. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi pemasaran usaha rumah makan ampera di pasar Cik Puan sehingga mampu mempertahankan usaha tersebut sedangkan banyak usaha yang sama yang tidak mampu mempertahankan usahanya, dan bagaimana tinjauan ekonomi Islam terhadap strategi yang diterapkan oleh rumah makan ampera di pasar Cik Puan. Populasi dalam penelitian ini adalah pemilik, karyawan dan konsumen rumah makan ampera di pasar Cik puan. Total populasi peneliti adalah 94 orang, 4 orang pemilik rumah makan dengan mengambil sampel dari populasi dengan teknik total sampling yakni keseluruhan dari populasi yakni 4 orang dan 90 orang pelanggan ampera di pasar Cik Puan, dengan mengambil sampel dari populasi dengan teknik purposive sampling yakni mengambil sampel dengan kriteria tertentu dari jumlah populasi yakni 10 orang. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa strategi pemasaran RM. Ampera Sinar terdiri dari produk yang ditawarkan, harga yang ditetapkan relatif murah, analisis konsumen, dan analisi pasar. RM. Ampera Setara strategi pemasarannya antara lain, produk yang menang jumlah, penetapan harga yang bersaing, dan penempatan tempat yang strategis. RM. Ampera Linda, produk yang khas dan berkualitas, harga bersaing, dan memiliki lokasi yang strategis sehingga dapat beraktivitas lebih lama. RM. Ampera Carano strategi pemasarannya, produk yang inovatif dengan harga bersaing, analisis pasar dan pelayanan yang baik. Mengenai strategi pemasaran yang diterapkan oleh rumah makan ampera di pasar Cik Puan, bahwasanya strategi yang mereka lakukan tidak bertentangan dengan kaedah-kaedah ekonomi Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 05 Dec 2016 04:50
Last Modified: 05 Dec 2016 04:50
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/9314

Actions (login required)

View Item View Item