Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG MELALUI PENERAPAN STRATEGI PERISTIWA BELAJAR PADA SISWA KELAS III SD NEGERI O11 SEI JALAU KECAMATAN KAMPAR UTARA

Nur Hasanah (2013) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG MELALUI PENERAPAN STRATEGI PERISTIWA BELAJAR PADA SISWA KELAS III SD NEGERI O11 SEI JALAU KECAMATAN KAMPAR UTARA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013662PGMI.pdf

Download (308kB) | Preview

Abstract

Memperhatikan hasil refleksi awal pada murid Kelas III SDN 011 Sei Jalau Kecamatan Kampar Utara, yaitu rendahnya hasil belajar matematika pada materi Persegi dan Persegi Panjang, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan Penerapan Strategi pembelajaran Peristiwa Belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah melalui penerapan Strategi Peristiwa Belajar dapat meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Persegi dan Persegi Panjang pada siswa Kelas III SDN 011 Sei Jalau Kecamatan Kampar Utara. Penelitian ini dilaksanakan di Kelas III SDN 011 Sei Jalau Kecamatan Kampar Utara pada Tahun Pelajaran 2010-2011. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Instrumen penelitian ini terdiri dari observasi terhadap aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran berlangsung dan teknik pengumpulan data berupa tes yang dilakukan pada bagian akhir proses pembelajaran dengan materi pelajaran yang telah dipelajari. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan melalui 2 siklus, pada siklus I diketahui bahwa hasil belajar matematika murid dengan nilai rata-rata mencapai angka 59 dengan ketuntasan kelas 55% dan setelah dilakukan perbaikan pada siklus kedua maka meningkat dan telah mencapai angka 63,5 dengan ketuntasan kelas mencapai 80%. Dari data ini menunjukkan bahwa apabila diterapkan Strategi Peristiwa Belajar dalam proses pembelajaran matematika pada materi Persegi dan Persegi Panjang secara benar akan dapat meningkatkan hasil belajar matematika murid.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 26 Nov 2016 02:06
Last Modified: 26 Nov 2016 02:06
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/9272

Actions (login required)

View Item View Item