MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SAINS MELALUI STRATEGI MENJADI KRITIKUS TAYANGAN VIDEO DI KELAS V SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH 019 KECAMATAN BANGKINANG KABUPATEN KAMPAR

Santi Sritiswati, (2013) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SAINS MELALUI STRATEGI MENJADI KRITIKUS TAYANGAN VIDEO DI KELAS V SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH 019 KECAMATAN BANGKINANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013661PGMI.pdf

Download (444kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan strategi menjadi kritikus tayangan video dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sains di kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah 019 Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar pada pokok bahasan peristiwa alam beserta dampaknya. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran sains, hal ini terlihat dari latar belakang masalah yang ada bahwa 50% siswa masih mendapatkan nilai di bawah rata-rata Keriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan yaitu 70. Untuk mendapatkan data dalam penelitian ini penulis menggunakan teknik observasi dan tes hasil belajar sains. Observasi dilakukan untuk mengamati aktivitas pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan siswa, sedangkan tes dilakukan untuk mengetahui ketercapaian kompetensi pada materi peristiwa alam beserta dampaknya secara individu terhadap siswa dikumpulkan melalui ulangan harian I dan ulangan harian II. Peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: perencanaan/persiapan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Prosedur penelitian ini terdapat beberapa tindakan yaitu sebelum tindakan dan sesudah tindakan, sesudah tindakan terdiri dari dua siklus yaitu setiap siklus dilakukan sebanyak 2 kali pertemuan dan satu kali ulangan harian. Berhasilnya penerapan strategi menjadi kritikus tayangan video dapat diketahui dari adanya peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II. Pada sebelum diadakan tindakan rata-ratanya adalah 65,2 dengan nilai klasikalnya yaitu 40,9%, sedangkan dengan penerapan strategi menjadi kritikus tayangan video pada sesudah tindakan II siklus I nilai ulangan harian I rata-ratanya 70,2 dengan nilai klasikal yaitu 77,3%, pada siklus II nilai ulangan harian II rata-ratanya 73,8 dengan nilai klasikal yaitu 86,4%, pada siklus ini target yang diinginkan peneliti tercapai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 26 Nov 2016 02:05
Last Modified: 26 Nov 2016 02:05
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/9271

Actions (login required)

View Item View Item