PENGGUNAAN MEDIA AUDIOVISUAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS VI MI NURUL HUDA KECAMATAN KARIMUN KABUPATEN KARIMUN

Zainudin, (2013) PENGGUNAAN MEDIA AUDIOVISUAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS VI MI NURUL HUDA KECAMATAN KARIMUN KABUPATEN KARIMUN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013654PGMI.pdf

Download (811kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Class Action Reseach). Berdasarkan hasil penelitian di MIs Nurul Huda Kecamatan Karimun Kabupaten Karimun Kepulauan Riau, penelitian ini dilatarbelakangi oleh ditemuinya beberapa gejala-gejala atau fenomena dalam proses belajar mengajar, yang menunjukkan rendahnya Hasil Belajar Siswa diantaranya: Sebagian besar siswa kurang aktif, hal ini terlihat aktifitas siswa yang tidak memperhatikan guru yang sedang menyampaikan materi pelajaran.Dalam proses pembelajaran siswa kurang serius dan terkesan bosan terhadap media manual yang digunakan guru dalam menjelaskan pelajaran. Sebagiam besar siswa memperoleh nilai berada di bawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal).Hal ini dapat dilihat dari data pra tindakan yaitu hanya 12 orang siswa nilainya berada di atas KKM atau dengan ketuntasan secara klasikal sebesar 51,29 dengan rata – rata 38,70%. Mengenai Hasil Belajar siswa masih berada di bawah indikator keberhasilan yang ditargetkan dengan rata – rata 80%, sedangkan yang terlihat dari pelaksanaan siklus pertama hanya berada pada rata – rata 65,1% dengan ketuntasan siswa sebanyak 17 orang. Untuk menjawab permasalahan atau gejala-gejala yang terjadi peneliti menerapkan Media Audiovisual guna memperbaiki aktivitas dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diketahui bahwa terjadinya peningkatan hasil belajar siswa, pada siklus pertama berada pada hasil belajar 734 dengan rata-rata 23,68% dan pada siklus kedua hasil belajar meningkat menjadi 936 dengan rata-rata 30,19%. Mengenai hasil belajar siswa, di mana sebelum digunakan Media Audiovisual, prestasi hasil belajar secara individu 12 orang siswa yang berada di atas KKM dengan memperoleh presentase ketuntasan secara klasikal sebesar 38,7% . Namun setelah digunakan strategi Audiovisual tersebut, prestasi siswa meningkat menjadi 65,1% dengan 17 orang siswa yang tuntas. Kemudian pada pelaksanaan siklus kedua, peningkatan hasil belajar siswa secara individu mencapai ketuntasan sebesar 80,6% dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 26 orang atau secara klasikal ketuntasan siswa mencapai 100%. Dengan demikian penggunaan Media Audiovisual dapat meningkatkan motifasi dan hasil belajar siswa kelas VI MIs Nurul Huda Telaga Tujuh Tanjung Balai Karimun.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 26 Nov 2016 02:00
Last Modified: 26 Nov 2016 02:00
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/9269

Actions (login required)

View Item View Item