MENINGATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUESTION STUDENT HAVE PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS III MI AL-JABAR BENGKONG BATAM

Jumriah, (2013) MENINGATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUESTION STUDENT HAVE PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS III MI AL-JABAR BENGKONG BATAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013650PGMI.pdf

Download (483kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan yang ada di lapangan, masih banyak praktek pengajaran yang bersifat pada guru ( teacher centries ) dan kurang aktifnya siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Aktivitas merupakan hal yang prinsipil dan mendasar terjadinya proses dan interaksi belajar mengajar yang lebih baik karena pada dasarnya belajar merupakan serangkaian kegiatan atau aktivitas manusia yang berhubungan dengan perbuatan, gerak, dan proses. Hal ini sesuai dengan istilah “learning by doing” artinya belajar untuk melakukan sesuatu. Salah satunya di Mi Al-Jabar Batam, sehingga belum sesuai dengan harapan dan KKM belum dapat dicapai dengan maksimal. Pembelajaran pendidikan IPS juga masih cenderung berorientasi pada transfer pengetahuan. Metode yang di gunakan juga masih monoton yaitu terpaku pada metode ceramah dan Tanya jawab dalam pelaksanaan proses belajar mengajar masih terpaku pada buku-buku pelajaran dalam suasana formal disekolah. Sehingga siswapun merasa bosan dan tidak mempunyai gairah untuk memperhatikan. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah Aljabar Bengkong Batam dengan jumlah siswa 23 orang tahun pelajaran 2011-2012. Sedangkan yang menjadi objek penelitian ini adalah (1) Variabel tentang aktivitas siswa dalam belajar IPS, (2) Variabel penerapan Metode Question Student have Tahapan-tahapan dalam penelitian tindakan kelas ini yaitu 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, 4) Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa tingkat Aktivitas siswa sebelum tindakan 58,15% berada pada kategori masih kurang. Setelah diadakan tindakan Siklus I angka berubah naik menjadi 69,02% dengan kategori kurang tetapi terjadi peningkatan. Dan kemudian pada Siklus II skor menjadi 84,23% dikategorikan baik sekali.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 26 Nov 2016 01:55
Last Modified: 26 Nov 2016 01:55
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/9266

Actions (login required)

View Item View Item