PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM MELALUI STRATEGI TEAM QUIZ PADA SISWA KELAS VMIS DARUL IHSAN SAGULUNG BATAM

Sumiyem, (2013) PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM MELALUI STRATEGI TEAM QUIZ PADA SISWA KELAS VMIS DARUL IHSAN SAGULUNG BATAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013648PGMI.pdf

Download (369kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Berdasarkan hasil pengamatan di MIS Darul Ihsan Sagulung Batam, penelitian ini dilatarbelakangi oleh ditemukannya beberapa gejala dalam proses pembelajaran, sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Gejala tersebut diantaranya : guru hanya menggunakan model pembelajaran ceramah secara klasikal sehingga komunikasi terjadi satu arah. Dalam proses pembelajaran sebagian besar siswa kurang aktif, cenderung pasif, lebih banyak diam, hanya mendengarkan dan mencatat apa yang diperintahkan guru, juga kurang memperhatikan ketika guru menerangkan. Tak jarang siswa minta ijin keluar kelas dengan alasan yang berbeda-beda. Oleh sebab itu peneliti menerapkan strategi Team Quiz dengan tujuan agar hasil belajar siswa MIS Darul Ihsan dapat maksimal. Adapun yang menjadi subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V MIS Darul Ihsan Sagulung Batam yang berjumlah 23 murid dengan 12 laki-laki dan 11 perempuan. Sedangkan yang menjadi obyek adalah strategi Team Quiz. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: bagaimana strategi Team Quiz dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V MIS Darul Ihsan Sagulung Batam? Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA. Dimana sebelum diterapkan strategi Team Quiz, ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 52,17%. Namun setelah dilakukan siklus 1 meningkat menjadi 73,91% dan siklus II menjadi 91,30%. Sedangkan pada siklus III ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 95,65%. Dari penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi Team Quiz dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPA siswa kelas V MIS Darul Ihsan Sagulung Batam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 26 Nov 2016 01:52
Last Modified: 26 Nov 2016 01:52
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/9264

Actions (login required)

View Item View Item