Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM DENGAN MENERAPKAN METODE INQUIRY PADA SISWA KELAS IV SDN 011 BENGKONG SADAI KOTA BATAM

Kurnaedi (2013) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM DENGAN MENERAPKAN METODE INQUIRY PADA SISWA KELAS IV SDN 011 BENGKONG SADAI KOTA BATAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013647PGMI.pdf

Download (489kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas berdasarkan hasil pengamatan di SDN 011 Bengkong Sadai. Rendahnya hasil belajar siswa menjadi latar belakang dalam melaksanakan kegiatan penelitian ini. Di lapangan pun ditemukan adanya gejalan permasalahan, dimana guru masih mengajar menggunakan metode convensional (ceramah). Hal ini dirasa tidak cukup relevan mengingat tidak terjadi interaksi posotif terhadap diri anak. Metode pembelajaran inquiry, menawarkan sebuah proses pembelajaran dimana anak menjadi pusat dari proses belajar mengajar. Dimana guru hanya sebagai “fasilitator” dan mementingkan peran serta anak dalam kegiatan belajar mengajar.Sehingga bisa menjadi sarana mengembangkan kreatifitas belajara siswa, mendorong siswa untuk terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus dan tiap-tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Siklus pertama menitik beratkan pada pemahaman awal siswa dan pengenalan akan metode penelitian yang dilakukan. Adapun siklus kedua menitik beratkan pada kemajuan yang dicapai oleh siswa dalam penerapan metode inquiry ini. Standardisasi keberhasilan dari penelitian ini dengan menggunakan perbandingan nilai hasil ujian siswa antara pra-siklus, siklus I dan siklus II. Hasilnya diperoleh bahwa terdapat kemajuan sebanyak 37,20% kenaikan nilai siswa pada siklus pertama dan kemajuan kenaikan sebanyak 78,44% lulus KKM pada siklus kedua setelah diadakannya metode pembelajaran inquiry ini. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan metode inquiry bisa memberikan peningkatan nilai siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 26 Nov 2016 01:51
Last Modified: 26 Nov 2016 01:51
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/9263

Actions (login required)

View Item View Item