Asnawi (2013) MENINGATKAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI METODE JIGSAW LEARNING PADA KELAS III MI AL-JABAR BENGKONG BATAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2013_2013646PGMI.pdf Download (468kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan yang ada di lapangan, masih banyak praktek pengajaran yang bersifat pada guru ( teacher centries ) dan kurang aktifnya siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Salah satunya di Mi Al- Jabar Batam, sehingga belum sesuai dengan harapan dan KKM belum dapat dicapai dengan maksimal. Pembelajaran pendidikan IPS juga masih cenderung berorientasi pada transfer pengetahuan. Metode yang di gunakan juga masih monoton yaitu terpaku pada metode ceramah dan Tanya jawab dalam pelaksanaan proses belajar mengajar masih terpaku pada buku-buku pelajaran dalam suasana formal disekolah. Sehingga siswapun merasa bosan dan tidak mempunyai gairah untuk memperhatikan. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah Aljabar Bengkong Batam dengan jumlah siswa 30 orang tahun pelajaran 2011-2012. Sedangkan yang menjadi objek penelitian ini adalah (1) Variabel tentang pemahaman siswa dalam belajar IPS, (2) Variabel penerapan Metode Jigsaw Learning. Tahapan-tahapan dalam penelitian tindakan kelas ini yaitu 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, 4) Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa tingkat pemahaman siswa sebelum tindakan 47,5% berada pada kategori masih kurang. Setelah diadakan tindakan Siklus I angka berubah naik menjadi 50,63% dengan kategori kurang tetapi terjadi peningkatan. Dan kemudian pada Siklus II skor menjadi 83,12% dikategorikan baik sekali
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 26 Nov 2016 01:49 |
Last Modified: | 26 Nov 2016 01:49 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/9262 |
Actions (login required)
View Item |