MENINGKATKAN MINAT BELAJAR IPS MELALUI MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS IV MI AMANATUL UMMAH BELAKANG PADANG KOTA BATAM

Irawati, (2013) MENINGKATKAN MINAT BELAJAR IPS MELALUI MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS IV MI AMANATUL UMMAH BELAKANG PADANG KOTA BATAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013645PGMI.pdf

Download (386kB) | Preview

Abstract

Proses perubahan tingkah laku merupakan gambaran terjadinya rangkaian perubahan dalam kemampuan siswa, hal ini dapat dilihat dari perbandingan kemampuan sebelumnya dengan kemampuan setelah mengikuti pembelajaran. Kegiatan belajar mengajar memerlukan sumber pembelajaran untuk memperlancar tercapainya tujuan belajar. Sumber belajar dalam pembelajaran IPS tidak hanya berupa pajangan media di dalam kelas, tetapi sumber yang luas yang berkenaan dengan hakikat pelajaran IPS, yakni yang erat yang terkait dengan kemasyarakatan atau kehidupan social. Permasalahan yang akan diangkat dalam penelitian ini apakah penggunaan media gambar dapat meningkatkan minat belajar IPS khususnya materi keragaman suku bangsa dan budaya, siswa kelas IV sebagai subjeknya dan penerapan media gambar adalah sebagai objeknya. Penelitian ini adalah tindakan kelas yang dilakukan tiga siklus, teknik pengumpulan data diambil melalui observasi aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran, sementara teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kualitatif dengan persentase. Akhir dari penelitian ini yang dilakukan selama tiga siklus menyimpulkan bahwa penggunaan gambar dapat meningkatkan minat belajar Kelas IV MI Amanatul Ummah Belakang Padang Kota Batam. Sebelum diadakan tindakan kelas, minat belajar siswa sangat rendah, berdasarkan tabel pra siklus diperoleh persentase minat belajar siswa sebesar 65%. Setelah tindakan menggunakan media gambar, minat belajar siswa pada siklus pertama meningkat menjadi 80%, pada siklus kedua minat belajar siswa mencapai persentase 90%, dan pada siklus III mengalami peningkatan mencapai nilai persentase 95%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 26 Nov 2016 01:47
Last Modified: 26 Nov 2016 01:47
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/9261

Actions (login required)

View Item View Item