Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA DENGAN STRATEGI INQUIRING MINDS TO KNOW SISWA KELAS IV MI RAUDHATUL MUSHALLIN TANJUNGPINANG

Zulmi Noveansyah (2013) MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA DENGAN STRATEGI INQUIRING MINDS TO KNOW SISWA KELAS IV MI RAUDHATUL MUSHALLIN TANJUNGPINANG. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013644PGMI.pdf

Download (349kB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk meningkat minat belajar IPA pada siswa MI Raudhatul Mushallin Tanjungpinang dengan strategi Inquiring Minds to Know. Jenis penelitian ini adalah tindakan kelas dimana subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV ( empat ) MI Raudhatul Mushallin Tanjungpinang dengan jumlah 21 orang. Sedangkan objek penelitiannya adalah penggunaan penerapan strategi Inquiring Minds to Know. Berdasarkan pengamatan ditemukan kurangnya minat siswa ketika proses belajar mengajar sedang berlangsung. Ini dibuktikan dengan persentase minat secara keseluruhan yang hanya mencapai 47.1% dikategorikan rendah dari target minat 65%. Instrument dalam penelitian ini adalah peneliti, lembar obsevasi, tes dan dokumentasi Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pada Siklus I penulis menggunakan strategi Inquiring Minds to Know pada proses belajar mengajar. Pada siklus ini terjadi peningkatan yang cukup baik. Dimana persentase minat secara keseluruhan menjadi 65.5% yang dikategorikan sedang. Pada Siklus II persentase minat siswa secara keseluruhan juga mengalami peningkatan walaupun tidak besar seperti siklus I yaitu 70.8% yang dikategorikan tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 26 Nov 2016 01:46
Last Modified: 26 Nov 2016 01:46
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/9260

Actions (login required)

View Item View Item