Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN STRATEGI INDEX CARD MATCH KELAS IV DI MI MARDHATILLAH KOTA BATAM

Yurmina (2013) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN STRATEGI INDEX CARD MATCH KELAS IV DI MI MARDHATILLAH KOTA BATAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013643PGMI.pdf

Download (440kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi siswa dalam belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Adapun gejala yang dilihat oleh peneliti di MI Mardhatillah Kota Batam yaitu kegagalan dalam belajar rata-rata dihadapi oleh sejumlah siswa yang tidak memiliki dorongan untuk belajar, ini disebabkan siswa merasa jenuh dan bosan pada saat proses pembelajaran IPA sehingga siswa lebih banya main, keluar masuk kelas, dan bahkan mengganggu teman sebangkunya sehingga apa yang disampaikan oleh guru siswa tidak paham. Berdasarkan latar belakang yang telah dikemukakan maka dapat dirumuskan masalah penelitian ini yaitu : Bagaimanakah penerapan Strategi Index Card Match dapat meningkatkan motivasi belajar IPA kelas IV di MI Mardhatillah Kota Batam. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Mardhatillah Kota Batam dengan jumlah siswa 33 orang yang terdiri dari 17 orang laki-laki dan 16 orang perempuan. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah motivasi Belajar IPA Melalui Penerapan Strategi Index Card Match kelas IV di MI Mardhatillah Kota Batam. Tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas yaitu: 1) Perencanaan/Persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa tingkat motivasi siswa sebelum diadakan tindakan 49,1% berada dalam kategori Kurang Mampu. Setelah diadakan tindakan siklus I angka berubah naik menjadi 55,5% berada dalam kategori Cukup, kemudian dilakukan lagi perbaikan pada siklus II angka berubah lagi menjadi 71,8% berada dalam kategori Cukup, maka dilanjutkan lagi pada siklus III angka naik lagi menjadi 85,1% berada pada kategori Sangat tinggi, dan ini berada pada rentang 76%-100%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 26 Nov 2016 01:44
Last Modified: 26 Nov 2016 01:44
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/9259

Actions (login required)

View Item View Item