PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN “YANG MANAKAH KELOMPOK SAYA” UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPA DI SDN 017 TANJUNG ALAI KECAMATAN XIII KOTO KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

Rinaldi, (2013) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN “YANG MANAKAH KELOMPOK SAYA” UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPA DI SDN 017 TANJUNG ALAI KECAMATAN XIII KOTO KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013606PGMI.pdf

Download (545kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA melalui penerapan strategi pembelajaran Yang Manakah Kelompok Saya. Penelitian ini dilaksanakan selama enam bulan, dimulai dari bulan Juli sampai bulan Desember 2012. Subjek penelitian adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 017 Tanjung Alai Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar dengan jumlah 12 orang siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktvitas siswa dan nilai ulangan harian. Data dikumpulkan dengan cara mengamati aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran yang dilakukan oleh observer dan tes objektif setelah pembelajaran dilaksanakan. Data dianalisis dengan menggunakan teknis analisis deskriptif. Hasil analisis data menunjukkan peningkatan terhadap aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada tiap kali pertemuan. Aktivitas guru pada siklus pertama pertemuan pertama 83,33% dengan klasifikasi baik, siklus pertama pertemuan kedua 94,44% dengan klasifikasi sangat baik. Pada siklus ke kedua pertemuan pertama 97,22% dengan klasifikasi sangat baik dan pada siklus kedua pertemuan kedua 97,22 %dengan klasifikasi sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus pertama pertemuan pertama 75,93% dengan klasifikasi baik, pada siklus pertama pertemuan kedua 86,11% dengan klasifikasi baik. Sedangkan pada siklus kedua pertemuan pertama 94,44% dengan klasifikasi sangat baik dan pada siklus dua pertemuan kedua 98,14% dengan klasifikasi sangat baik. Ketuntasan hasil belajar siswa sebelum tindakan 50% atau tidak tuntas secara klasikal, pada ulangan harian pertama 75% atau tidak tuntas secara klasikal, dan pada ulangan harian kedua 100% atau tuntas secara klasikal. Dengan demikian strategi pembelajaran Yang Manakah Kelompok Saya dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di Kelas V SDN 017 Tanjung Alai

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 25 Nov 2016 15:45
Last Modified: 25 Nov 2016 15:45
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/9245

Actions (login required)

View Item View Item