UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING BAGI SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL HUDA KECAMATAN KARIMUN

Indrawati, (2013) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING BAGI SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL HUDA KECAMATAN KARIMUN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013601PGMI.pdf

Download (464kB) | Preview

Abstract

Peneliti ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Resech). Berdasarkan hasil pengamatan di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Kecamatan Karimun, peneliti menemukan beberapa gejala atau fenomena dalam proses belajar mengajar, yang menunjukan lemahnya motivasi belajar siswa di antaranya: siswa bosan, jenuh, atau diam ketika guru menyampaikan materi pelajaran. Oleh sebab itu peneliti menerapkan model pembelajaran Quantum Teaching dengan tujuan agar siswa di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Kecamatan Karimun dapat termotivasi. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Kecamatan Karimun. Dan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Quantum Teaching. Adapun yang menjadi rumusan dalam penelitian ini adalah” Bagaimana Peningkatan Motivasi Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Quantum Teaching Bagi Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Kecamatan Karimun Kabupaten Karimun?” Penelitian ini di adakan dalam dua siklus dan pada tiap siklus satu kali pertemuan, agar penelitian tindakan kelas ini dapat berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapantahapan yang di lalui dalam penelitian tindakan kelas yaitu: 1) Perencanaan persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Kemudian data dalam penelitian ini di olah dengan menggunakan rumus yang di kemukan oleh sudjono, yaitu:P = Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat di ketahui bahwa terjadinya peningkatan motivasi belajar siswa dalam pelajaran IPA, di mana sebelum di terapkan model pembelajaran QuantumTeaching motivasi siswa memperoleh ratarata sebesar 29,4 siswa yang aktif. Namun setelah di terapkan model pembelajaran QuantumTeaching meningkat menjadi 41,3 pada siklus I , sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 44 dikategor Sangat Tinggi. Dengan demikian penggunaan Model Pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Kecamatan Karimun

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 25 Nov 2016 15:42
Last Modified: 25 Nov 2016 15:42
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/9243

Actions (login required)

View Item View Item