MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI STRATEGI TEAM QUIZ DI KELAS VB MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL HUDA TELAGA TUJUH TANJUNG BALAI KARIMUN

Hamsar, (2013) MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI STRATEGI TEAM QUIZ DI KELAS VB MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL HUDA TELAGA TUJUH TANJUNG BALAI KARIMUN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013599PGMI.pdf

Download (741kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Class Action Research). Penelitian bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dan meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VB Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Telaga Tujuh Tanjung Balai Karimun. Penelitian ini dilakukan dilatarbelakangi dari masalah-masalah atau gejala-gejala yang ditemui dalam proses belajar mengajar serta prestasi belajar siswa. Di antara masalah-masalah atau gejalagejala yang terjadi yaitu: siswa tidak begitu bersemangat dan kurang aktif dalam menerima pelajaran, sebagian besar siswa memperoleh nilai berada di bawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Hal ini terlihat dari data pada pra tindakan yaitu hanya 5 orang siswa yang nilainya berada di atas KKM atau dengan ketuntasan secara klasikal sebesar 17,9% dengan rata-rata 53,2. Mengenai aktivitas belajar siswa masih berada di bawah indikator keberhasilan yang ditarget dengan rata-rata 80% , sedangkan yang terlihat dari pada siklus pertama hanya berada pada rata-rata 70,5%. Untuk menjawab masalah-masalah atau gejala-gejala yang terjadi peneliti menrapkan Strategi Team Quiz guna memperbaiki aktivitas belajar siswa dan guna meningkatkan prestasi belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diketahui bahwa terjadinya peningkatan aktivitas belajar siswa, pada siklus petama berada pada rata-rata 70,5% pada siklus kedua meningkat dengan rata-rata 85,6%. Mengenai prestasi belajar siswa, di mana sebelum diterapkan Strategi Team Quiz, prestasi belajar siswa secara individu yang berada di atas KKM yaitu hanya 5 orang memperoleh persentase ketuntasan klasikal sebesar 17,9%. Namun setelah diterapkan strategi tersebut, prestasi siswa meningkat menjadi 15 orang yang tuntas secara individu, sedangkan ketuntasan klasikal mencapai 53,4%. Sedangkan pada siklus kedua, prestasi belajar siswa secara individu tuntas sebanayak 28 orang atau dengan ketuntasan klasikal dengan persentase 100%. Dengan demikian penggunaan Strategi Team Quiz dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VB Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Telaga Tujuh Tanjung Balai Karimun.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 25 Nov 2016 15:40
Last Modified: 25 Nov 2016 15:40
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/9242

Actions (login required)

View Item View Item