PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE CARD SORT SISWA KELAS. IV MI MIFTAHUL’ULUM BENGKONG INDAH KECAMATAN BENGKONG KOTA BATAM

A. Mustafa, (2013) PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE CARD SORT SISWA KELAS. IV MI MIFTAHUL’ULUM BENGKONG INDAH KECAMATAN BENGKONG KOTA BATAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013598PGMI.pdf

Download (723kB) | Preview

Abstract

Penelitian tindakan kelas di MI. Miftahul Ulum Kelurahan Bengkong Indah Kecamatan Bengkong Kota Batam, di latarbelakangi oleh di temukannya gejala gejala atau fenomena dalam proses belajar mengajar, yang menunjukkan rendahnya hasil belajar siswa, temuan di lapangan adanya gejala permasalahan, saat ini sering di jumpai Guru mengajar masih menggunakan cara atau metode Konvensional’ termasuk untuk pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Sehingga menyebabkan anak kurang semangat, pasif, dan sulit memahami materi, sementara metode ini masih banyak Guru yang menyukainya, mereka beranggapan metode ini mudah untuk di laksanakan. Model pembelajaran Cooperative Tipe Card Sort Menawarkan untuk mengubah kebiasaan Guru yang bersifat ‘ Otoriter’ menjadi” Fasilitator” mengubah kebiasaan pembelajaran’ Ego-involvement’ menjadi Tesk- involvement’ sehingga proses pembelajaran menjadi efektiv. Penelitian ini di lakukan dalam dua siklus dan tiap tiap siklus di lakukan dalam dua kali pertemuan, agar penelitian ini dapat di lihat hasilnya, berhasil atau tidak, maka dalam proses tindakan peneliti gunakan tahapan tahapan yang yaitu: (1) Perencanaan persiapan tindakan, (2) Pelaksanaan tindakan, (3) Obserfasi dan refleksi. Dengan demikian hasil penelitian ini di olah menggunakan rumus tersebut dalam melihat hasil penggunaan setrategi model pembelajaran cooperative tipe Card sort dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MI Miftahul’ Ulum Bengkong Harapan II kecamatan Bengkong Kata Batam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 25 Nov 2016 15:39
Last Modified: 25 Nov 2016 15:39
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/9241

Actions (login required)

View Item View Item