MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE CARD SORT PADA SISWA KELAS VI MI. DARUL JANNAH TELUK AIR KEC. KARIMUN KAB. KARIMUN

Siti Nurngaisyah, (2013) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE CARD SORT PADA SISWA KELAS VI MI. DARUL JANNAH TELUK AIR KEC. KARIMUN KAB. KARIMUN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013587PGMI.pdf

Download (419kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar pada materi pecahan mata pelajaran matematika melalui penerapan metode card sort siswa kelas VI di Madrasah Ibtidaiyah Darul Jannah teluk Air Kec. Karimun Kab. karimun. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Darul Jannah Teluk Air Kec. Karimun. Sedangkan yang menjadi objeknya adalah penerapan metode card sort pada materi pecahan mata pelajaran matematika. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah Apakah dengan metode card sort dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada materi pecahan siswa kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Darul Jannah Teluk Air Kec. Karimun. Penelitian ini penulis lakukan di Madrasah Ibtidaiyah Darul jannah Teluk air Kec. Karimun Kab. Karimun pada siswa kelas VI yang berjumlah 15 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu melalui observasidan tes secara lisan maupun tulisan. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik deskriptif kualitatif dengan persentase. Caranya adalah apabila semua data telah terkumpul, lalu diklasifikasikan dua kelompok yaitu data kualitatif dan kuantitatif. Terhadap data yang bersifat kualitatif yaitu digambarkan dengan kata-kata kalimat yang dipisah-pisahkan menurut kategori untuk memperoleh kesimpulan. Selanjutnya data yang bersifat kuantitatif yang berwujud angka-angka dipresentasikan dan ditafsirkan. Kesimpulan analisis data atau hasil penelitian dibuat untuk bentuk kalimat-kalimat (kualitatif) . Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka penulis dapat mengambil kesimpulan yaitu: dari hasil tindakan pada siklus III dan tes hasil belajar siswa kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Darul Jannah Teluk air Kec. Karimun Kab. Karimun menunjukan bahwa hamper seluruh siswa telah tuntas belajarnya, karena sekitar 80% dari seluruh jumlah siswa maka tindakan siklus III dipandang sudah berhasil. Hal ini menunjukan bahwa penerapan metode card sort dapat meningkatkan hasil belajar pada pelajaran matematika siswa kelas VI di Madarasah ibtidaiyah darul jannah Teluk Air kec. Karimun Kab. Karimun,

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 25 Nov 2016 15:33
Last Modified: 25 Nov 2016 15:33
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/9237

Actions (login required)

View Item View Item