PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE CATATAN AKHIR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK MATERI ASMA’UL HUSNA DI KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH AURSATI KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR

Andri Zulfa, (2013) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE CATATAN AKHIR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK MATERI ASMA’UL HUSNA DI KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH AURSATI KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013584PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Aursati Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan strategi pembelajaran aktif tipe catatan akhir dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak materi Asma’ul Husna di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Aursati Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar ? Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Aursati Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar tahun pelajaran 2012-2013 dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran aktif tipe catatan akhir dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, dan teknik tes. Berhasilnya penerapan strategi pembelajaran aktif tipe catatan akhir pada mata pelajaran Akidah Akhlak, diketahui adanya peningkatan hasil belajar siswa dari sebelum tindakan, siklus I, dan siklus II. Pada sebelum tindakan hanya mencapai 12 orang (60,00) siswa yang tuntas, sedangkan 8 orang siswa (40,00%) belum tuntas. Sedangkan setelah tindakan yaitu pada siklus I ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 14 orang (70,00%) siswa yang tuntas. Sedangkan 6 orang siswa (30,00%) belum tuntas. Sedangkan pada siklus II ketuntasan siswa telah melebihi 75%, yaitu dengan ketuntasan sebesar 90,00% atau sekitar 18 orang siswa yang mencapai KKM yang telah ditetapkan, yaitu 65.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 25 Nov 2016 15:30
Last Modified: 25 Nov 2016 15:30
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/9236

Actions (login required)

View Item View Item