UPAYA MENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI STRATEGI BELAJAR TUNTAS MASTERY LEARNING SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH TARBIYYATUL HIDAYAH SEI. PANAS KECAMATAN BENGKONG KOTA BATAM

Sudirman, (2013) UPAYA MENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI STRATEGI BELAJAR TUNTAS MASTERY LEARNING SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH TARBIYYATUL HIDAYAH SEI. PANAS KECAMATAN BENGKONG KOTA BATAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013545PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Hal ini disebabkan sebagian besar siswa tidak mampu menjawab umpan balik yang diberikan guru tentang materi yang baru diajarkan, siswa kurang terlibat aktif dalam proses belajar guru cenderung menggunakan metode ceramah, sehingga siswa terlihat bosan mengikuti pelajaran dan siswa terkesan sulit untuk menjawab soal ulangan ,hal ini terlihat ketika dilakukan ulangan hanya sebagian siswa yang dapat menjawab dengan benar. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan strategi belajar tuntas (mastery learning ) dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa materi mengubah pecahan di kelas V MI pendidikan Hidayah Sei. Panas Kecamatan Bengkong Kota Batam. Berhasilnya strategi belajar tuntas (mastery learning ) pada mata pelajaran matematika,diketahui adanya peningkatan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran matematika dari sebelum tindakan,siklus I dan siklus II pada sebelum tindakan siswa yang tuntas sebayak 15 (54.4 % ) orang pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 19 orang atau ketuntasan hanya mencapai 57,60% walaupun ketuntasan siswa meningkat dari sebelum tindakan ke siklus I,namun secara klasikal atau secara keseluruhan hasil belajar siswa belum 75% mencapai KKM yang telah ditetapkan yaitu 6.5 secara individu sebagian masih ada siswa yang tidak tuntas . Setelah dilakukan tindakan perbaikan yaitu pada siklus II ternyata ketuntasan siswa mencapai 33 orang siswa atau dengan presentase 100% artinya hasil belajar siswa telah 75% mencapai KKM yang belah ditetapkan yaitu 65, Dengan demikian dapat diambil kesimpulan dengan strategi belajar tuntas (mastery learning ) dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas V MI Tarbiyyatul Hidayah Sei. Panas Kecamatan Bengkok Kota Batam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 25 Nov 2016 15:21
Last Modified: 25 Nov 2016 15:21
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/9230

Actions (login required)

View Item View Item