PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DI KELAS IV MIN SAGULUNG BATAM

Rostini, (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DI KELAS IV MIN SAGULUNG BATAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013544PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Hal ini disebabkan proses belajar mengajar masih didominasi oleh guru, siswa kurang terlibat aktif dalam proses pembelajaran, belajar kelompok belum dikelola dengan baik, siswa yang pandai, sedang dan rendah mendapat perlakuan yang sama, tidak adanya penghargaan untuk siswa yang pandai, dan siswa yang pandai jarang sekali membantu siswa yang lemah. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar IPA di Kelas IV MIN Sagulung Batam. Berhasilnya penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran IPA, diketahui adanya peningkatan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA dari sebelum tindakan, siklus I dan siklus II. Pada sebelum tindakan, siswa yang tuntas sebanyak 12 orang (40%), pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 17 orang (56,67%). Walaupun ketuntasan siswa meningkat dari sebelum tindakan kesiklus I, namun secara klasikal atau secara keseluruhan hasil belajar siswa belum 85% mencapai KKM yang telah ditetapkan yaitu 65, secara individual sebagian masih ada siswa yang tidak tuntas. Setelah dilakukan tindakan perbaikan yaitu pada siklus II, ternyata ketuntasan siswa mencapai 26 orang siswa atau dengan persentase 86.67%. artinya hasil belajar siswa telah melebihi 85% mencapai KKM yang telah ditetapkan yaitu 65. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar IPA di Kelas IV MIN Sagulung Batam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 25 Nov 2016 15:19
Last Modified: 25 Nov 2016 15:19
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/9229

Actions (login required)

View Item View Item