EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN FIKIH DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 PEKANBARU

Iwan, (2011) EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN FIKIH DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011202.pdf

Download (301kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan media gambar dalam pembelajan fikih di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pekanbaru dan faktor-faktor apa sajakah yang mempengaruhi efektifitas penggunaan media gambar. Subyek penelitian ini adalah seluruh guru mata pelajaran fikih, sedangkan obyeknya adalah efektifitas penggunaan media gambar dalam pembelajan pelajaran fikih di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pekanbaru Populasi penelitian ini adalah guru mata pelajaran fikih yang berjumlah 3 orang. Pengumpulan data tentang efektifitas penggunaan media gambar dengan cara observasi, wawancara dan dukumentasi Penelitian ini dilaksanakan mulai tanggal 15 juni sampai dengan 13 oktober 2010. Setelah data terkumpul kemudian disajikan dalam bentuk tabel frekuensi dan dianalisa dengan tehnik deskriptif kualitatif dan prosentase. efektifitas penggunaan media gambar oleh guru mata pelajaran fikih, dikategorikan menjadi tiga bagian yaitu: efektif, kurang efektif dan tidak efektif diguakan. Dikatakan atau disimpulkan efektifitas media gambar itu efektif jika persentase akhir mencapai angka 76% sampai 100%, disimpulkan jarang digunakan jika persentaase akhir mencapai angka 60% sampai 75%, dan disimpulkan tidak efektif jika persentase akhir hanya mencapai angka 0 % sampai 59% . Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif dengan prosentase = ´100% N F P Berdasarkan data yang di peroleh dilapangan maka penelitian ini dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut pertama efektifitas penggunaan media gambar dalam pelajaran fikih di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pekanbaru belum tercapai secara optmal yakni hanya mencapai 47,8% dari data observasi. Kedua Masih banyak kekurangan-kekurangan atau kelemahan-kelemahan yang perlu dibenahi dalam penggunaan maupun pembuatan media gambar yang dilakukan oleh guru mata pelajaran fikih.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 22 Dec 2015 04:00
Last Modified: 22 Dec 2015 04:00
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/92

Actions (login required)

View Item View Item