KHARISMA SEKARINI, - (2025) PELAKSANAAN KONSELING KELOMPOK DALAM MENGATASI KEGAGALAN BERADAPTASI PADA ANAK BINAAN BARU PASCA MAPENALING DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK KLAS II PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGRI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text (BAB GABUNGAN)
_FIX KELAR 2025 ✓✓✓_1_removed - Kharisma Sekarini.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
|
|
Text (BAB HASIL)
_FIX KELAR 2025 ✓✓✓_1-68-79 - Kharisma Sekarini.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (251kB) |
||
|
Text (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
2025_11_10 12.10 Office Lens - Kharisma Sekarini.pdf - Published Version Download (649kB) | Preview |
Abstract
"ABSTRAK Nama : Kharisma Sekarini Prodi : Bimbingan Konseling Islam Judul : Pelaksanaan Konseling Kelompok Dalam Mengatasi Kegagalan Beradaptasi Pada Anak Binaan Baru Pasca MAPENALING Di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Klas II Pekanbaru Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan konseling kelompok dalam mengatasi kegagalan beradaptasi pada anak binaan baru pasca MAPENALING (Masa Pengenalan Lingkungan) di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Klass II Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Informan pada penelitian ini terdiri dari 2 key informan yaitu konselor dan petugas pengawasan penegakkan disiplin (wasgakin), dan 4 informan pendukung yaitu anak binaan baru yang mengalami masalah kesulitan beradaptasi yang ada di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Klass II Pekanbaru. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh pelaksanaan Konseling Kelompok dengan memberikan dukungan emosional, mengubah perilaku, membentuk interaksi sosial serta pengembangan emoati dan kesadaran diri anak binaan baru di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Klass II Pekanbaru. Faktor penting yang mempengaruhi keberhasilan konselor mengatasi anak binaan baru yang kesulitan beradaptasi adalah dengan pemberian layanan konseling kelompok. Konseling kelompok dilakukan karena efektif dalam merubah perilaku, interaksi sosial, emosional, serta pengembangan empati dan kesadaran diri anak binaan di lingkungan LPKA. Tahapan pelaksanaan konseling kelompok yang dilakukan konselor berupa tahap assessment atau tahap pra konseling, tahap permulaan, tahap kegiatan, tahap akhir, dan tahap evaluasi. Jika semua tahapan tersebut dilakukan secara maksimal maka peningkatan kemampuan sosial, emosional, perilaku serta pengembangan empati dan kesadaran diri anak binaan akan tercapai. Kata kunci: Pelaksanaan Konseling Kelompok, Kegagalan Beradaptasi, Anak Binaan Baru, MAPENALING"
| Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Contributors: |
|
||||||||
| Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 360 Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial > 362 Kesejahteraan Sosial, Permasalahan dan Layanan Sosial | ||||||||
| Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam | ||||||||
| Depositing User: | Mr Eko Syahputra | ||||||||
| Date Deposited: | 11 Nov 2025 00:48 | ||||||||
| Last Modified: | 13 Nov 2025 01:53 | ||||||||
| URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/91802 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
