PENGARUH PENDIDIKAN DAN PELATIHAN (DIKLAT) TERHADAP KINERJA GURU PEGAWAI NEGERI SIPIL (PNS) DI SMK NEGERI 3 DUMAI

Atika Haririya, (2013) PENGARUH PENDIDIKAN DAN PELATIHAN (DIKLAT) TERHADAP KINERJA GURU PEGAWAI NEGERI SIPIL (PNS) DI SMK NEGERI 3 DUMAI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013200ADN.pdf

Download (526kB) | Preview

Abstract

Sebagai unsur utama aparatur Negara dan abdi masyarakat Pegawai Negeri Sipil (PNS) mempunyai kedudukan dan peranan penting dalam penyelenggaraan tugas organisasi pemerintahan dan pembangunan agar terselenggaranya good govermance (pemerintahan yang baik), baik ditingkat pusat maupun di tingkat daerah (provinsi, kabupaten/kota). Dalam hal ini diperlukan Sumber Daya Manusia (SDM) yakni PNS yang memiliki akhlak dan budi pekerti yang baik, setia, berkemampuan melaksanakan tugas secar a pr of esional, bertanggung jawab, bersih dari praktek Korupsi Kolusi dan Nepotisme (KKN) serta mampu menjadi perekat persatuan dan kesatuan bangsa. Masalah merupakan kesenjangan antara harapan dengan kenyataan yang ada, maupun ide ide yang realistis. Berdasarkan hasil observasi awal dan informasi yang penulis peroleh, penulis berasumsi bahwa kinerja Guru PNS di SMKN 3 Dumai masih rendah dan cenderung belum memuaskan hal ini teridentifikasi dari tingkat kedisplinan, pelaksanaan tugas dan tanggung jawab, etos kerja, serta loyalitas yang masih kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan dan pelatihan (diklat) terhadap kinerja Guru PNS di SMK Negeri 3 Dumai. Diklat merupakan kegiatan yang amat penting dan strategis untuk meningkatkan pengetahuan, ketrampilan, sikap mental, wawasan dan kinerja PNS. Diklat PNS merupakan suatu proses meningkatkan pengetahuan, teori-teori yang berkaitan dengan pekerjaan dan keterampilan seorang PNS agar tujuan pemerintahan dapat tercapai dengan maksimal. Untuk meningkatkan kualitas kinerja PNS sebagai abdi masyarakat dan bangsa perlu dilakukan Diklat. Diklat yang diselenggarakan bagi pegawai pada dasarnya ditujukan untuk memenuhi persyaratan pekerjaan agar lebih berdaya guna dan berhasil guna sehingga tugas yang diberikan dapat dilaksanakan dengan baik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian assosiatif korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik korelasi antar variabel untuk membuktikan pengaruh pendidikan dan pelatihan (diklat) terhadap kinerja Guru PNS. Data diperoleh dari Guru PNS yang bertugas di SMKN 3 Dumai, dengan jumlah populasi dan sampel sebanyak 22 responden. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dan dilanjutkan dengan menganalisa data yang didapat maka hasilnya yaitu untuk korelasi (r) sebesar 0,961 sehingga terdapat hubungan yang sangat kuat antara Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) terhadap kinerja Guru PNS di SMKN 3 Dumai Diklat memiliki pengaruh yang sangat besar yakni 92,3 % sedangkan sisanya 7,7 % dipengaruhi oleh faktor lain diluar dari penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 350 Administrasi Negara, Ilmu Kemiliteran > 351 Administrasi Negara
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Administrasi Negara
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 25 Nov 2016 07:15
Last Modified: 25 Nov 2016 07:15
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/9174

Actions (login required)

View Item View Item