MOH. BAYU RIZKIYANTO, - (2025) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN BERBASIS MASYARAKAT DI PONDOK PESANTREN AL-HUDA MUGOMULYO KABUPATEN INDRAGIRI HILIR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text (BAB GABUNGAN)
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELTIIAN (BAB IV) - Moh Bayu Rizkiyanto.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
|
|
Text (BAB HASIL)
FILE HASIL PENELTIIAN (BAB IV) - Moh Bayu Rizkiyanto.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (806kB) |
||
|
Text (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
publikasi - Moh Bayu Rizkiyanto.pdf - Published Version Download (563kB) | Preview |
Abstract
Moh. Bayu Rizkiyanto, (2025): Implementasi Pendidikan Berbasis Masyarakat Di Pondok Pesantren Al- Huda Mugomulyo Kabupaten Indragiri Hilir Penelitian ini mengidentifikasi permasalahan dalam implementasi pendidikan berbasis masyarakat di Pondok Pesantren Al-Huda Mugomulyo, Kabupaten Indragiri Hilir. Fokus penelitian mencakup cara pelaksanaan pendidikan serta faktor pendukung dan penghambatnya. Meskipun pendidikan adalah kebutuhan mendasar dan tanggung jawab bersama, masih ada tantangan dalam memastikan kurikulum yang relevan dengan kebutuhan zaman dan melibatkan masyarakat secara aktif. Gejala awal menunjukkan adanya partisipasi masyarakat dan kolaborasi antara pesantren dan masyarakat. Tujuan penelitian adalah memahami implementasi pendidikan berbasis masyarakat secara mendalam. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan utama dalam penelitian ini ialah pimpinan Pondok Pesantren Al-Huda Mugomulyo dan kepala Desa Mugomulyo sebagai informan pendukung. Analisis data dilakukan melalui reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan, serta keabsahan data diuji dengan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan berbasis masyarakat berjalan baik, dengan partisipasi aktif masyarakat dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program. Masyarakat memberikan dukungan material dan moral, menciptakan lingkungan belajar yang inklusif. Faktor pendukung meliputi dukungan sosial, kepemimpinan partisipatif, dan kondisi ekonomi yang baik. Namun terdapat kekurangan seperti belum semua lapisan masyarakat terlibat aktif dan koordinasi yang terkadang kurang lancar karena minimnya forum komunikasi rutin. Kata kunci: Implementasi, Pendidikan berbasis Masyarakat, Partisipasi Masyarakat
| Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Contributors: |
|
||||||||
| Subjects: | 000 Karya Umum | ||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam | ||||||||
| Depositing User: | Mr Eko Syahputra | ||||||||
| Date Deposited: | 20 Aug 2025 02:50 | ||||||||
| Last Modified: | 20 Aug 2025 02:50 | ||||||||
| URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/91593 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
