Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SMALL GROUP DISCUSSION (SGD) TERHADAP KETERAMPILAN KOLABORASI SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMAS KURNIA JAYA RUPAT

WONSZU FATHAM MUBINA, - (2025) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SMALL GROUP DISCUSSION (SGD) TERHADAP KETERAMPILAN KOLABORASI SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMAS KURNIA JAYA RUPAT. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (Gabungan)
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELTIIAN (BAB IV) - Sun Free04.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (Hasil)
FILE HASIL PENELITIAN (BAB IV) - Sun Free04.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (784kB)
[img]
Preview
Text (Pernyataan)
PUBLIAKSI - Sun Free04.pdf - Published Version

Download (678kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Small Group Discussion (SGD) terhadap Keterampilan Kolaborasi Siswa pada Mata Pelajaran Geografi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Quasi Eksperimen dengan desain nonequivalent group posttest only design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X yang terdiri dari 4 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Sampling, dengan kelas X.1 sebagai kelas kontrol dan kelas X.2 sebagai kelas eksperimen dengan memberikan perlakukan penerapan model pembelajaran Small Group Discussion (SGD). Pengumpulan data dilakukan dengan pengambilan nilai post test untuk melihat keterampilan kolaborasi siswa, dilengkapi dengan observasi dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan statistik parametrik dengan uji T-Test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya penerapan model pembelajaran Small Group Discussion (SGD) berpengaruh terhadap keterampilan kolaborasi siswa pada mata pelajaran Geografi materi Litosfer. Rata-rata peningkatan hasil keterampilan kolaborasi siswa (post test) pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol, dengan perbandingan rata-rata keterampilan kolaborasi siswa kelas eksperimen sebesar 70,26. Sedangkan rata-rata nilai kelas kontrolsebesar 57,76. Kata Kunci : Small Group Discussion, Keterampilan Kolaborasi Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAlfiah, -2021066801Alfiah@uin-suska.ac.id.
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Geografi
Depositing User: Mr. doni s
Date Deposited: 31 Jul 2025 02:08
Last Modified: 31 Jul 2025 02:08
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/91525

Actions (login required)

View Item View Item