ANALISIS PENGELOLAAN KEARSIPAN PADA KANTOR CAMAT KAMPAR KIRI KABUPATEN KAMPAR

Irma Fitriani, (2013) ANALISIS PENGELOLAAN KEARSIPAN PADA KANTOR CAMAT KAMPAR KIRI KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013129ADN.pdf

Download (474kB) | Preview

Abstract

Salah satu sumber informasi penting yang dapat menunjang proses kegiatan administrasi maupun birokrasi adalah Arsip (record), sebagai rekaman informasi dari seluruh aktifitas organisasi, arisp berfungsi sebagai pusat ingatan, alat bantu pengambilan keputusan,bukti eksistensi organisasi dan untuk kepentingan organisasi yang lain.Berdasarkan fungsi arsip yang sangat penting tersebut maka harus ada manajemen atau pengelolaan arsip yang baik dan benar. Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana pengelolaan kearsipan pada kantor Camat Kampar Kiri Kabupaten Kampar dan Hambatan-hambatan apa saja dalam proses pengelolaan kearsipan pada Kantor Camat Kampar Kiri Kabupaten Kampar.Tujuan dari penelitian ini Untuk mengetahui pengelolaan kearsipan pada Kantor Camat Kampar Kiri Kabupaten Kampar dan untuk mengetahui hambatan-hambatan dalam pengelolaan kearsipan pada Kantor Camat Kampar Kiri Kabupaten Kampar. yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai yang ada pada kantor Camat Kampar Kiri, Kabupaten Kampar, sebanyak 16 orang, Sedangkan dalam pengambilan sampel, peneliti menggunakan metode sensus yaitu seluruh populasi dijadikan sebagai sampel. Metode yang peneliti gunakan untuk penelitian ini melakukan pendekatan secara deskriptif kualitatif berdasarkan hasil kuisioner, observasi dan wawancara. Setelah dilakukan analisa, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan kearsipan pada kantor Camat Kampar Kiri Kabupaten Kampar pada dasarnya sudah dikatakan cukup baik yaitu sesuai dengan pedoman dan prosedur telah ditetapkan, meskipun masih terdapat beberapa kekurangan.Kekurangan tersebut adalah Kurangnya tenaga arsip untuk mengelola arsip dan asiparis yang merangkap pekerjaan dinas lainnya serta pendidikan asiparis yang tamatan SMA dan tidak memiliki pendidikkan tentang kearsipan, Fasilitas penunjang dibidang kearsipan tidak begitu memadai, ,Peminjaman arsip yang tidak melalui prosedur, serta banyaknya arsip yang ditumpuk diatas meja yang seharusnya arsip tersebut yang tidak memiliki nilai guna lagi dilakukan penyusutan.Perubahan yang dilakukan terhadap efesiensi kerja pegawai tidak bisa dilaksanakan dengan baik karena minimnya pengetahuan, keterampilan dibidang kearsipan sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama untuk penyesuaian diri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 350 Administrasi Negara, Ilmu Kemiliteran > 351 Administrasi Negara
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Administrasi Negara
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 25 Nov 2016 03:01
Last Modified: 25 Nov 2016 03:01
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/9152

Actions (login required)

View Item View Item