Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA AL-HUDA PEKANBARU

PRETI OKTAVIANI (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA AL-HUDA PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text (BAB GABUNGAN)
SKRIPSI PRETI FIXX CETAK (TANPA BAB HASIL) - PRETI OKTAVIANI PENDIDIKAN GEOGRAFI.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (BAB HASIL)
SKRIPSI PRETI FIXX CETAK (BAB HASIL) - PRETI OKTAVIANI PENDIDIKAN GEOGRAFI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
pernyataan publikasi - PRETI OKTAVIANI PENDIDIKAN GEOGRAFI.pdf - Published Version

Download (361kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran Example Non Example terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran geografi di SMA Al-Huda Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode yang digunakan adalah Quasi Eksperimen. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling dengan berjumlah 2 kelas. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes essay, lembar observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan statistik parametrik, dengan uji T-Test. Hasil penelitian ini menunjukkan terjadinya peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran geografi antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen pada pretest dan posttest. Setelah dilakukan pengujian dapat diperoleh taraf signifikansi 0,05, nilai t-tabel untuk df 66 adalah 1,997. Karena t-hitung (3,566) > 1-tabel (1,997), maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dapat disimpulkan bahwa Terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Example Non Example terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Geografi di SMA Al-Huda Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAlmegi, -2014019001almegi@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Geografi
Depositing User: Ari Eka Wahyudi
Date Deposited: 30 Jul 2025 07:03
Last Modified: 30 Jul 2025 07:03
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/91516

Actions (login required)

View Item View Item