Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

EXPLORING THE NATIVE AND NEAR NATIVE ENGLISH TEACHERS’ PROFESSIONAL COMPETENCE AT AN NAMIROH JUNIOR HIGH SCHOOL PEKANBARU

ARNI AMRIDA PUTRI, - (2025) EXPLORING THE NATIVE AND NEAR NATIVE ENGLISH TEACHERS’ PROFESSIONAL COMPETENCE AT AN NAMIROH JUNIOR HIGH SCHOOL PEKANBARU. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text (BAB GABUNGAN)
THESIS ARNI AMRIDA PUTRI - Arni Amrida Putri.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB HASIL)
BAB IV - Arni Amrida Putri.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (796kB)
[img]
Preview
Text (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
pernyataan upload - Arni Amrida Putri.pdf - Published Version

Download (588kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi kompetensi profesional Native English Teachers (NETs) dalam konteks pengajaran bahasa Inggris di sekolah menengah pertama dan atas di Indonesia, dengan fokus khusus pada SMP Islam An Namiroh di Pekanbaru. Melalui pendekatan kualitatif, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan NET berpengalaman dan pemula. Penelitian ini mengidentifikasi dimensi utama dari kompetensi profesional yang melampaui kemahiran bahasa, termasuk penggunaan strategi pengajaran komunikatif dan berpusat pada siswa, kesadaran antarbudaya, serta dukungan emosional bagi siswa. Temuan menunjukkan bahwa meskipun NETs membawa keahlian bahasa dan pendekatan pedagogis inovatif yang sejalan dengan Communicative Language Teaching (CLT), mereka juga menghadapi tantangan seperti keterbatasan dalam memahami kurikulum lokal dan perbedaan ekspektasi pendidikan. Guru yang berinteraksi dengan budaya dan bahasa lokal cenderung menunjukkan tingkat adaptabilitas dan efektivitas pengajaran yang lebih tinggi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kompetensi profesional NETs tidak hanya ditentukan oleh kefasihan berbahasa Inggris, tetapi juga oleh kemampuan antarbudaya, fleksibilitas pedagogis, dan kemauan untuk terus berkembang secara profesional. Rekomendasi penelitian mencakup pentingnya program orientasi yang terstruktur serta peluang kolaborasi dengan guru lokal untuk meningkatkan integrasi dan dampak NETs di sekolah-sekolah Indonesia. Kata Kunci: Guru Bahasa Inggris Penutur Asli, kompetensi profesional, kompetensi antarbudaya, pengajaran komunikatif, pendidikan Indonesia, EF.

Item Type: Thesis (Thesis)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorBUKHORI, -2012057901bukhori@uin-suska.ac.id
Thesis advisorDODI SETTIAWAN, -2001028503dodi.settiawan@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mr Eko Syahputra
Date Deposited: 08 Aug 2025 01:43
Last Modified: 08 Aug 2025 01:43
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/91505

Actions (login required)

View Item View Item