PERSEPSI MAHASISWA AKUNTANSI FEKONSOS UIN SUSKA RIAU TERHADAP DIBUKANYA KONSENTRASI AKUNTANSI SYARI’AH (STUDI EMPIRIS PADA MAHASISWA AKUNTANSI UIN SUSKA RIAU)

Apriherdian, (2011) PERSEPSI MAHASISWA AKUNTANSI FEKONSOS UIN SUSKA RIAU TERHADAP DIBUKANYA KONSENTRASI AKUNTANSI SYARI’AH (STUDI EMPIRIS PADA MAHASISWA AKUNTANSI UIN SUSKA RIAU). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Sarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_201165.pdf

Download (407kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada PT. Bank Riau Syariah Pekanbaru. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penerapan perlakuan akuntansi dan penerapan dan pembagian hasil usaha pembiayaan mudharabah berdasarkan PSAK No. 105 di Bank Riau Syariah. Metode dan teknik pengumpulan data yang diperlukan dalam penelitian adalah dengan metode deskriftif dan wawancara langsung dengan pihak-pihak yang terkait dengan pembiayaan mudharabah. Sedangkan sumber data berasal dari peraturan yang berlaku, media, dan data yang sudah diolah dan disajikan Bank Riau Syariah. Dari hasil penelitian yang dilakukan pada Bank Riau Syariah Pekanbaru terdapat beberapa permasalahan antara lain : pengakuan pembagian hasil usaha pembiayaan mudharabah di Bank Riau Syariah adalah revenue sharing, kerugian yang terjadi pada saat pembiayaan pada Bank Riau Syariah tidak dicatat pada saat terjadi kerugian, dan transaksi Investasi Mudharabah tidak menggunakan asset non-kas. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa pengakuan pembagian hasil usaha pembiayaan mudharabah di Bank Riau Syariah telah sesuai dengan PSAK 105 dan fatwa DSN, hanya perbedaan nama dalam penerapannya. Bank Riau Syariah tidak mencatat kerugian pembiayaan dikarenakan menggunakan revenue sharing yang hanya menghitung pendapatan. Serta Asset non kas dianggap tidak lazim diterapkan di Bank Riau Syariah. Dengan penelitian ini, diharapkan Bank Riau Syariah tetap konsisten dalam hal menerapkan pengakuan pembagian hasil usaha pembiayaan mudharabah sesuia dengan PSAK 105 dan Fatwa DSN.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Bisnis > 657 Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Akuntansi
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 14 Jan 2016 05:03
Last Modified: 14 Jan 2016 05:03
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/915

Actions (login required)

View Item View Item