TAHLITA ROYYANUL AISYI, - (2025) HUBUNGAN SELF EFFICACY DENGAN ACADEMIC DISHONESTY PADA SISWA SMP. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text (BAB GABUNGAN)
SKRIPSI FUL KECUALI BAB IV TAHLITA ROYYANUL AISYI - Tahlita Royyanul Aisyi.pdf - Published Version Download (7MB) | Preview |
|
|
Text (BAB HASIL)
SKRIPSI BAB IV TAHLITA ROYYANUL AISYI - Tahlita Royyanul Aisyi.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
SURAT PERNYATAAN PERSETUUAN PUBLIKASI - Tahlita Royyanul Aisyi.pdf - Published Version Download (391kB) | Preview |
Abstract
HUBUNGAN SELF EFFICACY DENGAN ACADEMIC DISHONESTY PADA SISWA SMP Tahlita Royyanul Aisyi Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau tahlitaroyyanulaisyi@gmail.com Abstrak Pendidikan memiliki peran penting dalam membentuk generasi bangsa yang beriman, berakhlak mulia, dan berkompeten. Namun, fenomena academic dishonesty masih banyak terjadi di lingkungan sekolah, termasuk di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP). Tingginya tingkat academic dishonesty tentunya dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya adalah rendahnya self efficacy. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan negatif antara self efficacy dengan academic dishonesty pada siswa SMP Negeri 40 Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 40 Pekanbaru. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling dengan jumlah sampel sebanyak 194 orang. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan skala psikologis yaitu skala academic dishonesty dengan reliabilitas sebesar 0,888 dan skala General Self efficacy (GSE) dengan reliabilitas 0,912. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear sederhana. Hasil analisis menunjukkan terdapat hubungan negatif antara self efficacy dengan academic dishonesty pada siswa SMP Negeri 40 Pekanbaru, dengan nilai sig. (p) sebesar 0,000 (P<0,05) dengan koefisien korelasi r=0,001. Hal ini berarti terdapat hubungan negatif yang signifikan antara self efficacy dengan academic dishonesty. Dengan demikian semakin tinggi self efficacy siswa, maka semakin rendah tingkat academic dishonesty yang dimiliki siswa, sebaliknya semakin rendah self efficacy, maka semakin tinggi tingkat academic dishonesty yang dimiliki siswa. Implikasi penelitian ini adalah untuk mengurangi tingkat academic dishonesty dengan menumbuhkan self efficacy yang tinggi pada siswa, dengan adanya self efficacy yang tinggi maka siswa dapat mencegah dirinya dari perilaku academic dishonesty. Kata Kunci: Academic dishonesty, Self efficacy, Siswa
| Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Contributors: |
|
||||||||
| Subjects: | 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi | ||||||||
| Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi | ||||||||
| Depositing User: | Mrs Rina Amelia - | ||||||||
| Date Deposited: | 28 Jul 2025 08:42 | ||||||||
| Last Modified: | 28 Jul 2025 08:42 | ||||||||
| URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/91358 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
