Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

HUBUNGAN SELF-CONTROL DENGAN IMPULSIVE BUYING PRODUK SKINCARE PADA WANITA DEWASA AWAL PENGGUNA E-COMMERCE

VANESSA DWI NANDA MAHARANI, - (2025) HUBUNGAN SELF-CONTROL DENGAN IMPULSIVE BUYING PRODUK SKINCARE PADA WANITA DEWASA AWAL PENGGUNA E-COMMERCE. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text (BAB GABUNGAN)
GABUNGAN KECUALI BAB HASIL - VANESSA DWI NANDA MAHARANI FPSI S1.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB HASIL)
BAB HASIL - VANESSA DWI NANDA MAHARANI FPSI S1.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (312kB)
[img]
Preview
Text (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
SURAT PERNYATAAN - VANESSA DWI NANDA MAHARANI FPSI S1.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview

Abstract

Hubungan Self-Control dengan Impulsive Buying Produk Skincare pada Wanita Dewasa Awal Pengguna E-Commerce Vanessa Dwi Nanda Maharani Fakultas Psikologi, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Email: vanessadwinandaaa@gmail.com Abstrak Fenomena pembelian impulsif semakin meningkat seiring dengan kemudahan akses platform belanja online yang menyajikan berbagai promosi menarik. Impulsive buying dapat berdampak negatif, baik secara finansial maupun psikologis sehingga diperlukan kemampuan self-control untuk menahan dorongan belanja yang tidak direncanakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self-control dengan impulsive buying produk skincare pada wanita dewasa awal pengguna e-commerce. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain korelasional. Subjek penelitian berjumlah 400 orang wanita dewasa awal berusia 18 – 25 tahun yang membeli skincare melalui aplikasi e-commerce. Subjek diperoleh dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah Self-Control Scale (SCS) dan Impusive Buying Tendency Scale (IBTS). Hasil uji korelasi menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara self-control dan impulsive buying produk skincare pada wanita dewasa awal pengguna e-commerce (r = -0,373; p < 0,05). Artinya, semakin tinggi self-control, maka semakin rendah kecenderungan untuk melakukan impulsive buying produk skincare pada wanita dewasa awal pengguna e-commerce. Aspek self-discipline dalam self–control menunjukkan hubungan paling kuat terhadap impulsive buying. Implikasi penelitian ini menunjukkan pentingnya penguatan self-control untuk menghindari impulsive buying dalam berbelanja skincare pada aplikasi e-commerce. Kata Kunci: Self-control, impulsive buying, e-commerce, skincare, wanita dewasa awal

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorPUTRI MIFTAHUL JANNAH, -2008019401putri.jannah@uin-suska.ac.id
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Mrs Rina Amelia -
Date Deposited: 28 Jul 2025 08:29
Last Modified: 28 Jul 2025 08:29
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/91356

Actions (login required)

View Item View Item