RAUDATUL JANNAH, - (2025) KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN PADA IBU BERSALIN DI PUSKESMAS RANTAU PANJANG KIRI KECAMATAN KUBU BABUSSALAM KABUPATEN ROKAN HILIR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text (BAB GABUNGAN)
GABUNGAN KECUALI BAB HASIL - RAUDATUL JANNAH ADMINISTRASI NEGARA.pdf - Published Version Download (6MB) | Preview |
|
|
Text (BAB HASIL)
SURAT PERNYATAAN - RAUDATUL JANNAH ADMINISTRASI NEGARA.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (239kB) |
||
|
Text (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
BAB HASIL - RAUDATUL JANNAH ADMINISTRASI NEGARA.pdf - Published Version Download (6MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN PADA IBU BERSALIN DI PUSKESMAS RANTAU PANJANG KIRI KECAMATAN KUBU BABUSSALAM Oleh RAUDATUL JANNAH NIM. 12170525055 Pelayanan publik, khususnya pelayanan kesehatan, berperan penting dalam peningkatan kualitas hidup masyarakat. Berdasarkan Permenkes Nomor 75 tahun 2014 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat (PUSKESMAS) merupakan garda terdepan dalam penyediaan pelayanan kesehatan primer (pelayanan pertama/pokok), termasuk pelayanan ibu bersalin yang aman dan berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas pelayanan kesehatan pada ibu bersalin di Puskesmas Rantau Panjang Kiri, Kecamatan Kubu Babussalam, Kabupaten Rokan Hilir, yang masih menghadapi hambatan. Dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, yang dimana data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis berdasarkan lima dimensi kualitas layanan yang dikemukakan oleh (Zeithaml & Parasuraman, 1988): tangible (bukti fisik), reliability (keandalan), responsiveness (ketanggapan), assurance (jaminan), dan empathy (empati). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan di Puskesmas Rantau Panjang Kiri masih terdapat kendala, terutama pada aspek sistem rujukan yang lambat dan minimnya fasilitas pendukung yaitu ambulans, yang berdampak pada ketidakpuasan pasien dan penurunan mutu layanan. Untuk mengatasi kendala ini, penelitian merekomendasikan peningkatan kapasitas petugas, percepatan proses rujukan, serta intensifikasi sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat. Upaya-upaya ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan, mendukung program persalinan aman dan bermutu, serta membangun kepercayaan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan Puskesmas. Kata Kunci: Pelayanan Publik, Kualitas Pelayanan Kesehatan, Ibu Bersalin, Puskesmas
| Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Contributors: |
|
||||||||
| Subjects: | 300 Ilmu Sosial | ||||||||
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Administrasi Negara | ||||||||
| Depositing User: | Ms. Hidayani | ||||||||
| Date Deposited: | 26 Jul 2025 05:37 | ||||||||
| Last Modified: | 26 Jul 2025 05:37 | ||||||||
| URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/91271 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
