Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MENINGKATKAN MINAT BELAJAR IPS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TERARAH PADA SISWA KELAS V MI NURUL HUDA TELAGA TUJUH TANJUNG BALAI KARIMUN

Maznun (2013) MENINGKATKAN MINAT BELAJAR IPS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TERARAH PADA SISWA KELAS V MI NURUL HUDA TELAGA TUJUH TANJUNG BALAI KARIMUN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013532PGMI .pdf

Download (795kB) | Preview

Abstract

Belajar adalah proses mengembangkan minat terhadap sesuatu, dalam belajar tida semua siswa mampu berkonsentrasi dalam waktu yang relatif lama, karena daya serap siswa bisa beragam, hal ini disebabkan oleh faktor intelegensi yang mempengaruhi daya serap siswa terhadap materi yang diberikan guru, oleh karenanya untuk bisa mempelajari sesuatu dengan baik, kita perlu mendengar, melihat, mengajukan pertanyaan tentangnya, dan membahasnya dengan orang lain agar apa yang diperoleh kian terarah pada tujuan pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut di atas maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran terarah dapat meningkatkan minat belajar siswa, sementara subjek penelitian adalah siswa kelas V MI Nurul Huda dan objeknya adalah penerapan model pembelajaran terarah pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini mengunakan tiga siklus karena penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran berlangsung, kemudian data yang diperoleh dianalisa dengan teknik deskriptif kualitatif persentase. Setelah tindakan dengan metode belajar aktif model pengajaran terarah, minat belajar siswa pada siklus pertama diperoleh hasil 50%, pada siklus kedua minat belajar siswa mencapai persentase 69%, dan pada siklus III mengalami peningkatan mencapai nilai persentase 84%. Hasil akhir dari penelitian ini menunjukan bahwa model pembelajaran terarah dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas V MI Nurul Huda Telaga Tujuh Tanjung Balai Karimun.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 24 Nov 2016 15:06
Last Modified: 24 Nov 2016 15:06
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/9126

Actions (login required)

View Item View Item