MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI STRATEGI TRUE OR FALSE DI KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL HUDA TELAGA TUJUH TANJUNG BALAI KARIMUN

Robby, (2013) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI STRATEGI TRUE OR FALSE DI KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL HUDA TELAGA TUJUH TANJUNG BALAI KARIMUN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013529PGMI .pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Class Action Research). Penelitian bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VA MI Nurul Huda Telaga Tujuh Tanjung Balai Karimun. Penelitian ini dilakukan dilatarbelakangi dari masalah-masalah atau gejala-gejala yang ditemui dalam proses belajar mengajar serta hasil belajar siswa. Di antara masalah-masalah atau gejala-gejala yang terjadi yaitu: siswa tidak begitu bersemangat dan kurang aktif dalam menerima pelajaran, sebagian besar siswa memperoleh nilai berada di bawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Hal ini terlihat dari data pada pra tindakan yaitu hanya 6 orang siswa yang nilainya berada di atas KKM atau dengan ketuntasan secara klasikal sebesar 19,3% dengan rata-rata 54,6. Mengenai aktivitas belajar siswa masih berada di bawah indikator keberhasilan yang ditarget dengan rata-rata 80% , sedangkan yang terlihat dari pada siklus pertama hanya berada pada rata-rata 70,9%. Untuk menjawab masalah-masalah atau gejala-gejala yang terjadi peneliti menrapkan Strategi True Or False guna memperbaiki aktivitas belajar siswa dan guna meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diketahui bahwa terjadinya peningkatan aktivitas belajar siswa, pada siklus petama berada pada rata-rata 61,6 % pada siklus kedua meningkat dengan ratarata 89,3%. Mengenai hasil belajar siswa, di mana sebelum diterapkan Strategi True Or False, hasil belajar siswa secara individu yang berada di atas KKM yaitu hanya 6 orang memperoleh persentase ketuntasan klasikal sebesar 17,9%. Namun setelah diterapkan strategi tersebut, prestasi siswa meningkat menjadi 22 orang yang tuntas secara individu, sedangkan ketuntasan klasikal mencapai 61,6%. Sedangkan pada siklus kedua, hasil belajar siswa secara individu tuntas sebanyak 31 orang atau dengan ketuntasan klasikal dengan persentase 100%. Dengan demikian penggunaan Strategi True Or False dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VA MI Nurul Huda Telaga Tujuh Tanjung Balai Karimun.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 24 Nov 2016 15:03
Last Modified: 24 Nov 2016 15:03
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/9124

Actions (login required)

View Item View Item