PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN POINT OF VIEW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SDN 010 SIABU KECAMATAN SALO KABUPATEN KAMPAR

Erna Listawati, (2013) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN POINT OF VIEW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SDN 010 SIABU KECAMATAN SALO KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013528PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan di SDN 010 Siabu Kecamatan Salo Kabupaten Kampar, Penulis menemukan gejala-gejala yang menunjukkan rendahnya hasil belajar siswa, diantaranya : Masih sedikit siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), dimana dari 30 orang siswa hanya 9 orang saja atau sebesar 30%, yang telah mencapai KKM seperti yang ditetapkan sekolah yaitu KKM 65. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil Belajar siswa dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Point of View. Penelitian dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN 010 Siabu Kecamatan Salo Kabupaten Kampar. Sedangkan objek dalam penelitian adalah penerapan strategi pembelajaran Point of View untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPA di siswa kelas IV SDN 010 Siabu, Kecamatan Salo, Kabupaten Kampar. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa sebelum tindakan dengan rata-rata sebesar 61.03% dengan kategori kurang, kemudian pada siklus I mendapatkan rata-rata 67,75% juga dengan kategori cukup dan pada siklus II mendapatkan rata-rata kelas 72.76% dengan ketegori baik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 24 Nov 2016 15:02
Last Modified: 24 Nov 2016 15:02
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/9123

Actions (login required)

View Item View Item