Zaidi Aliran (2013) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KUMPULKAN, HITUNG, DAN KLASIFIKASIKAN SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 003 TANJUNG KECAMATAN KOTO KAMPAR HULU KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2013_2013525PGMI.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Telah dilakukan penelitian tindakan kelas dengan latar belakang penelitian rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 003 Tanjung Kecamatan Koto Kampar Hulu Kabupaten Kampar. Sedangkan rumusan masalah untuk penelitian ini yaitu: bagaimana penerapan strategi pembelajaran kumpulkan, hitung, dan klasifikasikan dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 003 Tanjung Kecamatan Koto Kampar Hulu Kabupaten Kampar?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi pembelajaran kumpulkan hitung, dan klasifikasikan dalam upaya meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 003 Tanjung Kecamatan Koto Kampar Hulu Kabupaten Kampar. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjeknya siswa kelas IV Tahun pelajaran 2012/2013 dengan jumlah siswa 24 orang, yang terdiri dari 10 orang siswa laki-laki dan 14 orang siswa perempuan. Sedangkan objeknya adalah penerapan strategi pembelajaran kumpulkan, hitung, dan klasifikasikan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 003 Tanjung Kecamatan Koto Kampar Hulu Kabupaten Kampar. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dengan setiap siklus dua kali pertemuan, yang dimulai dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, penerapan strategi pembelajaran kumpulkan, hitung dan klasifikasikan pada proses pembelajaran matematika di kelas IV SDN 003 Tanjung Kecamatan Koto Kampar Hulu Kabupaten Kampar membuat siswa belajar aktif dan berpikir matematis. Dari analisis data tentang keberhasilan tindakan diketahui bahwa hasil belajar siswa sebelum tindakan rata-rata 57,29 dengan ketuntasan klasikal 45,83%, setelah tindakan siklus I rata-rata 60,62 dengan ketuntasan klasikal 58,33%, dan siklus II rata-rata 65,21 dengan ketuntasan klasikal 87,50%. Terjadi peningkatan dari sebelum tindakan ke setelah tindakan baik siklus I maupun siklus II.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 24 Nov 2016 15:00 |
Last Modified: | 24 Nov 2016 15:00 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/9122 |
Actions (login required)
View Item |