Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN METODE PHILLIPS 66 UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 011 KOTO TUO KECAMATAN XIII KOTO KAMPAR

Haironi (2013) PENERAPAN METODE PHILLIPS 66 UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 011 KOTO TUO KECAMATAN XIII KOTO KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013511PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 011 Koto Tuo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran metode Phillips 66 dalam meningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 011 Koto Tuo. Penelitian ini dilaksanakan pada awal semester genap tahun ajaran 2012/2013 di Sekolah Dasar Negeri 011 Koto Tuo Kecamatan XIII Koto Kampar dengan subjek penelitian siswa kelas IV yang berjumlah sebanyak 24 orang siswa. Adapun objek penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dan penerapan metode pembelajaran phillips 66. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Dalam menganalisis data tersebut penulis menggunakan analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas diperoleh hasil ketuntasan klasikal 45.83% pada kategori cukup, kemudian pada pada siklus I pertemuan pertama ketuntasan klasikal 65.28% yang terletak pada kategori cukup baik dan pertemuan kedua siklus I dengan ketuntasan klasikal 65.63% yang terletak pada kategori cukup baik. Sedangkan pada siklus II pertemuan ketiga diperoleh nilai ketuntasan klasikal mencapai 75% yang tergolong kedalam kategori baik dan pertemuan keempat siklus II diperoleh nilai ketuntasan klasikal mencapai 83.33% yang tergolong kedalam kategori baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari sebelum tindakan hingga tindakan siklus 2 sebesar 37.5%. Dari hasil ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metode phillips 66 dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 011 Koto Tuo Kecamatan XIII Koto Kampar tahun pelajaran 2012/2013

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 24 Nov 2016 14:58
Last Modified: 24 Nov 2016 14:58
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/9120

Actions (login required)

View Item View Item