Yuliani Susanti (2013) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN LEADERLESS SMALL GROUP DISCUSSION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SDN 006 SALO KECAMATAN SALO KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2013_2013510PGMI.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini adalah dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa, hal ini terlihat dari nilai yang diperoleh Dari 30 orang siswa, terdapat 10 orang siswa yang mendapatkan ketuntasan belajar dengan KKM yang ditetapkan 65 pada mata pelajaran IPA, sedangkan yang belum tuntas ada 20 orang siswa. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah Siswa Kelas IV SDN 006 Salo, Kecamatan Salo, Kabupaten Kampar, tahun ajaran 2012/2013 dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang. Sedangkan yang menjadi Objek dalam penelitian ini adalah Penerapan strategi Pembelajaran leaderless small group discussion untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada mata pelajaran pada mata pelajaran IPA di di Kelas IV SDN 006 Salo Kecamatan Salo Kabupaten Kampar. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan seperti disampaikan pada bab IV dapat disimpulkan bahwa Strategi Leaderless Small Group Discussion dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada Siswa Kelas IV SDN 006 Salo Kecamatan Salo Kabupaten Kampar. Hasil belajar siswa sebelum tindakan dengan rata-rata sebesar 62,3% dengan kategori cukup, kemudian pada siklus I mendapatkan rata-rata 72,0% dengan kategori baik dan pada siklus II mendapatkan rata-rata kelas 79,6% dengan ketegori baik. Dengan begitu teori ini dapat dikatakan berhasil. aktivitas guru pada siklus I pertemuan 1 sebesar 29% dengan kategori sangat kurang, pada pertemuan 2 sebesar 43% dengan kategori kurang dan siklus II pertemuan 1 sebesar 57% dengan kategori cukup dan pertemuan 2 sebesar 71% dengan kategori baik kemudian pada pertemuan 3 sebesar 86% dengan kategori “baik sekali” berdasarkan hasil tersebut terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II. Aktivitas siswa siklus I pertemuan 1 sebesar 48% dengan kategori kurang, pada pertemuan 2 sebesar 59% dengan kategori “cukup”, siklus II pertemuan 1 sebesar 68% dengan kategori baik, pada pertemuan 2 sebesar 79% dengan kategori “Baik” dan pada pertemuan 3 sebesar 88% dengan kategori “Baik Sekali”.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 24 Nov 2016 14:56 |
Last Modified: | 24 Nov 2016 14:56 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/9119 |
Actions (login required)
View Item |