KORELASI ANTARA PEMBINAAN ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SDN 009 KECAMATAN RAMBAH SAMO KABUPATEN ROKAN HULU

Suharyanti, (2013) KORELASI ANTARA PEMBINAAN ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SDN 009 KECAMATAN RAMBAH SAMO KABUPATEN ROKAN HULU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013509PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang siknifikan antara pembinaan orang tua dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa SDN 009 Kecamatan Rambah Samo Kabupaten Rokan Hulu. Subyek penelitian ini adalah orang tua dan siswa SDN 009 Kecamatan Rambah Samo Kabupaten Rokan Hulu. Sedangkan objeknya adalah pengaruh pembinaan orang tua terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam. Populasi penelitian ini adalah orang tua dan siswa kelas 1 sampai kelas 5 yang berjumlah 97 orang. Penulis tidak menggunakan sampel sehingga penelitian ini dinamakan penelitian populasi. Pengumpulan data dalam penelitian ini penulis menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Data tentang pembinaan orang tua terhadap siswa dikumpulkan dengan menggunakan teknik angket. Angket yang penulis sebarkan merupakan angket tertutup. Dimana setiap angket berjumlah 10 item dengan empat alternative jawaban, yaitu a, b, c dan d. Untuk mendapatkan data tentang prestasi belajar penulis menggunakan teknik dokumentasi, yaitu dengan melihat nilai rapor siswa semester genap tahun ajaran 2011/2012. Berdasarkan jenis datanya, data penelitian ini bergejala ordinal dan interval, oleh karena itu dalam analisis data penulis menggunakan teknik korelasi serial. Dengan rumus: rser= Σ{( )( )} ( ) Berdasarkan hasil analisis, penulis menyimpulkan bahwa pembinaan orang tua mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa SDN 009 Kecamatan Rambah Samo Kabupaten Rokan Hulu. Hal ini dapat dilihat dari hasil korelasi serial rch= 0,283 yang mana lebih besar dari r tabel baik pada taraf siknifikan 5% = 0, 195 maupun pada taraf signifikan 1 % = 0,254.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 24 Nov 2016 14:55
Last Modified: 24 Nov 2016 14:55
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/9118

Actions (login required)

View Item View Item