Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN SALING TUKAR PENGETAHUAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH SIMPANG KUBU KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

Wirdawati (2013) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN SALING TUKAR PENGETAHUAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH SIMPANG KUBU KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013506PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Matematika siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Simpang Kubu Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar, dalam pembelajaran Matematika terdapat beberapa fenomena yang berkaitan dengan hasil belajar siswa diantaranya: Nilai yang diperoleh siswa tidak mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Dari 21 orang siswa sebanyak 6 atau 29% siswa belum mencapai nilai KKM yang ditetapkan sekolah yakni 65. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Agar penelitian lebih terarah sesuai dengan perencanaan, maka penelitian ini terdiri atas beberapa tahapan yaitu: perencanaan/persiapan tindakan, kemudian pelaksanaan tindakan, serta observasi dan refleksi tindakan. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Simpang Kubu Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Sedangkan yang menjadi objek penelitian adalah penerapan strategi pembelajaran saling tukar pengetahuan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Simpang Kubu Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Berdasarkan hasil analisis seperti disampaikan pada bab IV, dapat dijelaskan bahwa sebelum dilakukan tindakan diperoleh rata-rata 52,38 berada pada interval 41 – 55 dengan kategori kurang, setelah dilakukan tindakan perbaikan dengan penerapan Strategi Pembelajaran saling tukar pengetahuan, pada siklus I hasil belajar siswa terjadi peningkatan dengan rata-rata 65,24 berada pada interval 56 – 70 dengan kategori cukup. Sedangkan tindakan pada siklus II juga terjadi peningkatan dengan rata-rata 74,76 berada pada interval 71 – 85 dengan kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan penerapan strategi pembelajaran saling tukar pengetahuan dapat meningkatkan hasil belajar Matematika Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Simpang Kubu Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 24 Nov 2016 14:47
Last Modified: 24 Nov 2016 14:47
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/9116

Actions (login required)

View Item View Item