Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN KETERAMPILAN REINFORCEMENT DALAM STRATEGI INQUIRI TRAINING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 008 RUMBIO KECAMATAN KAMPAR

Sasramawati (2013) PENERAPAN KETERAMPILAN REINFORCEMENT DALAM STRATEGI INQUIRI TRAINING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 008 RUMBIO KECAMATAN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013503PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan kenyataan yang terjadi pada siswa Kelas IV SD Negeri 008 Rumbio Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar yaitu rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Maka penulis merasa perlu melakukan perbaikan pembelajaran dengan melakukan penelitian dengan penerapan keterampilan reinforcement dalam strategi inquiri training. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan keterampilan Reinforcement dalam strategi Inquiri Training untuk meningkatkan Motivasi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam materi sumber daya alam Siswa Kelas IV SD Negeri 008 Rumbio Kecamatan Kampar Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Instrumen penelitian ini terdiri dari lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa dan lembar observasi motivasi belajar siswa selama proses pembelajaran dengan penerapan penerapan keterampilan Reinforcement dalam strategi Inquiri Training. Berdasarkan hasil penelitian melalui 2 siklus, sebelum dilakukan tindakan diketahui bahwa motivasi belajar siswa hanya dengan persentase 40% berada pada klasifikasi “Rendah” setelah siklus I diketahui bahwa adanya peningkatan motivasi belajar siswa pada pertemuan pertama dengan persentase 59% dengan klasifikasi “Cukup Tinggi.” Pada pertemuan ke 2 siklus I dengan persentase 68% klasifikasi “Tinggi”. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus kedua maka lebih meningkat pada pertemuan ke 3 siklus II telah mencapai 74% dengan klasifikasi ”Tinggi” dan pada pertemuan ke 4 siklus ke II dengan persentase 87% klasifikasi ”Sangat Tinggi” Dari data ini menunjukkan bahwa apabila diterapkan keterampilan Reinforcement dalam strategi Inquiri Training secara benar sesuai dengan langkah-langkah pelaksanaannya maka dapat meningkatkan motivasi belajar Ilmu Pendidikan Alam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 24 Nov 2016 14:45
Last Modified: 24 Nov 2016 14:45
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/9115

Actions (login required)

View Item View Item