Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN TEKNIK PEMBELAJARAN VERBS CHANGE THEM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 007 MUARA JALAI KECAMATAN KAMPAR UTARA KABUPATEN KAMPAR

Nurfadilah (2013) PENERAPAN TEKNIK PEMBELAJARAN VERBS CHANGE THEM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 007 MUARA JALAI KECAMATAN KAMPAR UTARA KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013502PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan Teknik Pembelajaran Verbs Change Them dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial materi kegiatan ekonomi di kelas V Sekolah Dasar Negeri 007 Muara Jalai Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar, rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah dengan penerapan Teknik Pembelajaran Verbs Change Them dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial materi kegiatan ekonomi di kelas V Sekolah Dasar Negeri 007 Muara Jalai Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar? Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 007 Muara Jalai Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar yang berjumlah 24 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan Teknik Pembelajaran Verbs Change Them untuk meningkatkan hasil belajar IPS. Variabel dalam penelitian ini yaitu: 1) penerapan Teknik Pembelajaran Verbs Change Them, dan hasil belajar IPS. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, dan teknik tes. Berhasilnya penerapan Teknik Pembelajaran Verbs Change Them pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, diketahui adanya peningkatan hasil belajar siswa dari sebelum tindakan, siklus I, dan siklus II. Pada sebelum tindakan ketuntasan siswa hanya mencapai 45,83% atau 11 orang siswa yang tuntas, pada siklus I siswa yang tuntas meningkat menjadi 17 orang atau ketuntasan hanya mencapai 70,83%. Pada siklus II ternyata ketuntasan siswa mencapai 22 orang siswa atau dengan persentase 91,67%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa dengan penerapan Teknik Pembelajaran Verbs Change Them dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas V Sekolah Dasar Negeri 007 Muara Jalai Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 24 Nov 2016 14:44
Last Modified: 24 Nov 2016 14:44
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/9114

Actions (login required)

View Item View Item