Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN TEKNIK PEMBELAJARAN THE FRAYER MODEL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 004 BANGKINANG KECAMATAN BANGKINANG KABUPATEN KAMPAR

Masnidar (2013) PENERAPAN TEKNIK PEMBELAJARAN THE FRAYER MODEL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 004 BANGKINANG KECAMATAN BANGKINANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013501PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 004 Bangkinang Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah dengan penerapan Teknik Pembelajaran The Frayer Model dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial materi sumber daya alam di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 004 Bangkinang Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV tahun pelajaran 2012-2013 dengan jumlah siswa sebanyak 33 orang. Objek dalam penelitian ini adalah Teknik Pembelajaran The Frayer Model dan hasil belajar siswa kelas IV. Variabel dalam penelitian ini yaitu: 1) penerapan Teknik Pembelajaran The Frayer Model, dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, dan tes. Penerapan Teknik Pembelajaran The Frayer Model dikatakan berhasil apabila hasil belajar siswa 75% mencapai KKM yang telah ditetapkan, yaitu 65. Setelah dilaksanakan penelitian diketahui adanya peningkatan hasil belajar siswa dari sebelum tindakan, siklus I, dan siklus II. Pada sebelum tindakan ketuntasan siswa hanya mencapai 57,58% atau 19 orang siswa yang tuntas, pada siklus I siswa yang tuntas meningkat menjadi 23 orang atau ketuntasan hanya mencapai 69,70%. Pada siklus II ternyata ketuntasan siswa mencapai 29 orang siswa atau dengan persentase 87,88%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 24 Nov 2016 14:42
Last Modified: 24 Nov 2016 14:42
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/9113

Actions (login required)

View Item View Item