Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN TEKNIK PEMBELAJARAN SOCRATIC SEMINARS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 005 GANTING DAMAI KECAMATAN SALO KABUPATEN KAMPAR

Lismawarni (2013) PENERAPAN TEKNIK PEMBELAJARAN SOCRATIC SEMINARS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 005 GANTING DAMAI KECAMATAN SALO KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013500PGMI.pdf

Download (395kB) | Preview

Abstract

pelajaran IPS di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 005 Ganting Damai Kecamatan Salo Kabupaten Kampar. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah penerapan Teknik Pembelajaran Socratic Seminars dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 005 Ganting Damai Kecamatan Salo Kabupaten Kampar. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV tahun pelajaran 2012-2013 dengan jumlah siswa sebanyak 25 orang yang terbagi atas 14 orang lakilaki dan 11 orang perempuan. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan Teknik Pembelajaran Socratic Seminars untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan aktivitas belajar siswa dari sebelum tindakan, siklus I, dan siklus II. Pada sebelum tindakan aktivitas belajar siswa hanya mencapai rata-rata persentase 53,7%, setelah dilakukan tindakan perbaikan ternyata aktivitas belajar siswa meningkat yaitu pada siklus pertama dengan mencapai 63,4% atau aktivitas belajar siswa tergolong “Cukup” karena 63,4% berada pada rentang 56- 75%. Sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 81,1% atau aktivitas belajar siswa telah tergolong “Tinggi” karena 81,1% berada pada rentang 76-100%. Keberhasilan siswa telah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan, yaitu diatas 75%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan dengan penerapan Teknik Pembelajaran Socratic Seminars dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 005 Ganting Damai Kecamatan Salo Kabupaten Kampar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 24 Nov 2016 14:39
Last Modified: 24 Nov 2016 14:39
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/9112

Actions (login required)

View Item View Item